Hasil Survey ICW, Responden Masih Percayai Kinerja KPK

GARUT, (GE).- Tingkat kepercayaan responden terhadap lembaga anti korupsi (KPK) ternyata masih cukup tinggi. Hal ini diketahui berdasarkan hasil survey nasional anti korupsi yang digelar Indonesia Coruption Watch (ICW), baru-baru ini.

Dengan demikian, menurut Deputi Koordinator ICW, Ade Irawan, langkah yang dilakukan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) belum lama ini dengan membentuk pansus hak angket bagi KPK, dinilai sebuah tindakan yang melawan kehendak rakyat.

“Dengan masih tingginya tingkat kepercayaan rakyat terhadap lembaga KPK, ini menunjukan langkah yang dlakukan DPR yang membentuk pansus hak angket telah melawan kehendak rakyat,” ujar Ade disela acara Diseminasi Hasil Survei Anti Korupsi Tahun 2017, di Fave Hotel Garut, Senin (7/8/2017).


Dikatakannya, Survei Nasional Anti Korupsi ini dilakukan sendiri oleh ICW untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepercayaan rakyat terhadap lembaga anti KPK. Survey dilaksanakan pada periode April hingga Juni 2017 dengan cara kuantitatif mendatangi responden dari rumah ke rumah atau menggunakan perangkat smartphone di 34 provinsi, 177 kabupaten dan 212 desa.

Adapun latar belakang pendidikan responden, tutur Ade, adalah setingkat SMA/sederajat yang paling tinggi yaitu 35 persen. Sementara responden yang tidak pernah sekolah atau hanya sampai sekolah dasar sebesar 31 persen dan hanya lulus SMP sebanyak 23 persen. Sedangkan sisanya merupakan responden lulusan diploma hingga sarjana atau lebih tinggi.

“Kami akui survei ini merupakan gambaran persepsi masyarakat terhadap lembaga KPK tanpa membandingkan dengan lembaga penegak hukum lainnya. Survei ini, juga telah dilakukan pada tahun 2016 lalu,” kataya.

Menurut Ade, tahun 2017 ini, responden yang mengaku sangat puas terhadap lembaga anti rasuah ini ada 12 persen, sementara survei tahun 2016 hanya 9 persen. Responden yang mengaku puas dari survei tahun 2017 jumlahnya sebanyak 58 persen, menurun dibanding tahun 2016 uang mencapai 61 persen.

Sementara responden yang tidak puas terhadap KPK dari survei tahun 2017 jumlahnya mencapai 24 persen dari responden, menurun dibanding tahun 2016 yang jumlahnya mencapai 25 persen. (Tim GE)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI