Hasil “Real Count” KPU Kemungkinan Berubah , ini Sebabnya

Komisioner KPU Lia Juliasih saat memeriksa logistik pasca penghitungan suara di tingkat PPK.

GARUT, (GE).- Hasing Situng KPU, pada dasarnya bukan keputusan tetap. Namun, inovasi itu dibuat hanya sekadar informasu awal hasil Pilkada. Pada prinsifnya, hasil Pilkada yang resmi tetap ditetapkan pada rapat pleno KPU.

“Hasing situng mungkin saja berubah. Pasalnya akan ada koreksi saat rapat pleno. Jadi kalau hasil rapat pleno dengan Situng berbeda itu mungkin saja,” ucap Komisioner KPUD Garut Bidang Teknis, Lia Juliasih SIP M Si, di Kantor KPU Garut, Minggu (1/7/18).

Menurut Lia, hasil Situng didasarkan pada hasil rekap C1 setelah penghitungan suara. Karena waktunya yang mepet jadi kemungkinan kesalahan itu sangat besar.


Ia mencontohkan, dalam scan C1 masih ditemukan kesalahan jumlah. Hal itulah, yang memungkinkan raihan suara Situng dengan keputusan pleno berbeda.

Selain itu, kata Lia, proses Situng sampai saat ini baru 94,13 persen. KPU belum bisa melakukan proses Situng karena terkendala teknis.

Itu artinya, ungkap Lia, masih ada 251 TPS yang belum masuk ke dalam proses Situng. Jadi untuk hasil Pillada Garut yang mutlak lebih baik menunggu keputusa pleno KPU.

“Namun walaupun berbeda jumlahnya tak akan jauh beda. Jadi Situng itu hanya informasi awal saja, sedangkan ketetapannya tetap ada pada hasil rapat pleno,” katanya.

Saat ini, lanjut Lia, di sejumlah kecamatan telah menyelesaikan rapat pleno. Namun masih ada juga PPK yang masih melangsungkan rapat pleno. Namun jika tidak ada halangan, hari ini semua PPK sudah menyelesaikan rapat pleno.

“Sampai saat ini 37 PPK sudah menyelesaikan pleno. Lima PPK lainnya masih melangsungkan pleno,” ungkapnya.

Lia mengatakan, sampai saat ini proses penghitungan suara tak mengalami kendala berarti. Dari 4.719 TPS belum ada satu pun yang terkendala masalah.

“Alhamdulilah bisa berjalan lancar. Nanti tinggal pleno di tingkat Kabupaten. Rencanyanya, antara tanggal 4-6 Juli 2018,” pungkasnya. (MHI)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI