Hari Ini KPUD Garut Umumkan Enam Paslon yang Lolos Tes Kesehatan

GARUT,(GE).- Enam pasangan calon (paslon) yang akan bertarung dalam Pilkada Garut 2018 belum lama ini telah menjalani tes kesehatan. Dari hasil tes tersebut Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jawa Barat pada tanggal 16/01/2018 menyatakan, keenam paslon tersebut dinyatakan lolos.

Setelah lolos tes kesehatan, keenam paslon akan mengikuti tahapan-tahapan berikutnya, sesuai yang telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Demikian diungkapkan Ketua KPU Kabupaten Garut, Hilwan Fanaqi, saat diwawancarai sejumlah awak media, di kantor KPUD Garut, Kamis (18/1/2018).

“Enam paslangan bakal calon yang mengikuti tes kesehatan di RSHS Bandung dinyatakan lolos. IDI Jabar menyatakan semuanya balon dinyatakan memenuhi syarat,” ujar Hilwan.


Dijelaskannya, hasil tes kesehatan tersebut juga sudah disampaikan kepada paslon atau perwakilan paslon dalam rapat pleno terbuka yang dilaksanakan Kamis (18/1/2018) di aula Sekretariat KPU Garut.

“Dalam rapat pleno terbuka tadi, kami hanya menyampaikan rekomendasi dari IDI Jabar. Perwakilan dari semua pasangan balon hadir, termasuk ada dua pasangan balon yang hadir secara langsung,” katanya.

Dikatakannya, dalam rapat pleno juga disampaikan beberapa kekurangan berkas persyaratan administrasi kepada seluruh balon. Persyaratan dari seluruh pasangan balon juga belum ada yang lengkap.

“Dari hasil pemeriksaan administrasi sementara, beberapa berkas yang masih belum dilengkapi seluruh balon peserta pilkada Garut antara lain, surat keterangan dari Pengadilan Negeri mengenai keterangan tidak dicabut hak politiknya. Selain itu, surat keterangan tidak pernah tersangkut sebagai terpidana juga banyak yang belum masuk,” ungkapnya.

Ditambahkannya, berkas persyaratan lain yang wajib dilengkapi seluruh balon, diantaranya surat keterangan dari Pengadilan Niaga yang menyatakan balon tidak pailit. Untuk melengekapi semua kekurangan persyaratan tersebut, sesuai aturan, KPU memberikan kesempatan hingga 20 Januari (2018).

“Pengumuman lolos tidaknya seluruh pasangan balon dari persyaratan administrasi akan dilakukan tanggal 12 Februari. Setelah itu, tanggal 13 Februari akan dilakukan pengundian nomor urut pasangan dan masa kampanye akan dimulai tanggal 15 Februari (2018),” tandasnya.(Rangga)***

Editor: Kang Cep.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI