Hari ini 433 Mahasiswa Uniga Diwisuda, 115 Lulusan Berasal dari Luar Pulau Jawa

GARUT, (GE). Universitas Garut (Uniga) kembali menggelar Sidang Senat Terbuka, Wisuda angkatan ke- XXIV Gelombang 2 tahun akademik 2017-2018, sebanyak 433 lulusan dari 7 Fakultas dan 1 program pasca sarjana akan mengikuti Prosesi Wisuda hari Sabtu (05/05/2018) di Kampus Utama Universitas Garut (Uniga) Jalan Samarang No. 52A, Kecamtan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut.

Ke 433 lulusan merupakan wisudawan yang berasal dari berbagai fakultas, diantaranya dari Ilmu administrasi negara S1 (5 lulusan), Akuntansi D3 (1 lulusan), akuntansi S1 (67 lulusan), Manajemen S1 (68 lulusan), Agroteknologi S1 (24 lulusan), Peternakan S1 (6 lulusan), Farmasi S1 (136 lulusan), Teknik Elektro S1 (7 lulusan), Pendidikan Agama Islam S1 (38 lulusan), PGMI S1 (15 lulusan), Ilmu komunikasi S1 (29 lulusan), dan Ilmu Administrasi Negara S2 (20 lulusan) dan Manajemen Pendidikan Islam S2 (17 lulusan).

Sementara itu, dari ke 443 lulusan, 115 diantaranya lulusannya berasal dari luar pulau Jawa yang meliputi Provinsi Aceh, Samarinda, Riau, Pontianak, Banjarmasin, Palembang dan Papua.


Rektor Universitas Garut (Uniga) Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amin, M.Eng., mengungkapkan, banyaknya mahasiswa yang berasal dari luar pulau Jawa sebagai bukti bahwa Universitas Garut (Uniga) sudah dikenal dan diakui tidak hanya di Jawa Barat tapi di tingkat Nasional.

“Ini bukti pengakuan kualitas Uniga tidak hanya tergambar dari predikat akreditasi institusi B, tapi sudah nyata diterima oleh masyarakat secara luas,” ungkapnya.

Sejak berdiri tahun 1973 dengan nama Sekolah Tinggi Ilmu Kesejahteraan (STIK) yang kemudian menjadi Universitas Garut tahun 1998 telah menghasilkan sekitar 18.500 lulusan. Mereka telah terserap di lingkungan pemerintahan, pembangunan dan pengembangan kemasyarakatan diberbagai bidang kehidupan.

Rektor Uniga berharap, lulusan Uniga tidak monoton untuk mencari kerja melainkan menciptakan lapangan kerja. Dengan membuka lapangan kerja akan mampu menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Salah satu yang perlu dicermati lahirnya revolusi industri 4 yaitu ukuran besar perusahaan tidak menjadi jaminan, namun kelincahan, kretaivitas serta inovasi  perusahaan menjadi kunci keberhasilan meraih prestasi dengan cepat.

Hal ini ditunjukkan oleh Grab, Gojek dan sejenisnya yang mengancam “pemain-pemain” besar pada industri transportasi di seluruh dunia atau Airbnb yang mengancam pemain-pemain utama di industri jasa pariwisata.

“Di satu sisi revolusi industri 4 ini menjadi ancaman profesi yang sebelumnya merajadi dunia tenaga kerja tapi juga bisa menjadi peluang bagi kita semua,” katanya.

Sementara, Dr. Ijudin, S.Ag, M.Si, yang merupakan wakil rektor bidang akademik Universitas Garut, sekaligus ketua pelaksana kegiatan, menuturkan, pelaksanaan wisuda sekarang ini merupakan Angkatan ke XXIV yang jumlahnya mencapai 433 wisudawan.

“Wisuda ini menjadi awal tanggung jawab, yang tentunya akan lebih berat. Saat masih kuliah, mahasiswa mengemban tanggung jawab pada pembelajaran akademik, berlomba prestasi. Akan tetapi pada hari ini dengan predikat sarjana, tanggung jawab yang diemban akan bertambah, yakni tanggung jawab kepada masyarakat,” ujarnya.

Ijudin menambahkan, dalam proses Wisuda juga dimumkan para lulusan terbaik dengan IPK tertinggi di tiap tiap fakultas, sebagai berikut :

Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik (FISIP), atas nama : ULFAH FAUZIAH IPK : 3.81

Fakultas Ekonomi atas nama : RIZKI ADI NUGRAHA Akuntansi D3, IPK : 2.87

Fakultas Ekonomi atas nama : PUTRI TSANI Akuntansi S1, IPK : 3.93

Fakultas Ekonomi atas nama : NURUL AFIYAH Manajemen S1, IPK : 4.0

Fakultas Pertanian atas nama : ARIEF LUKMANUL HAKIM Agroteknologi S1, IPK 3.96

Fakultas Pertanian atas nama : NURCAHYA Peternakan S1, IPK 3.3

Fakultas Matematika dan IPA atas nama : PRATIWI HOERUN  NISA, Farmasi IPK : 3.85

Fakultas Teknik atas nama : JA’FAR AS SHIDDIQ, IPK : 3.85

Fakultas PIK atas nama : NENENG NURUL AZIJAH SM, PAI, IPK : 3,86

Fakultas PIK atas nama : ANITA ALFANI, PGMI, IPK : 3,86

Fakultas Ilmu Komunikasi atas nama : ASRI RAYNA, IPK : 3.99

Program Pascasarjana atas nama IWAN SOLEH PUJIAWAN, AN, IPK 3,70

Program Pascasarjana atas nama IRA SUSANTI ENSHA, AN, IPK 3,70

Program Pascasarjana atas nama YOSI INTAN, MPI, IPK 3,78

Program Pascasarjana atas nama YETI NURYETI, MPI, IPK 3,78 . (Humas Uniga/ Tim GE)***

Editor: kang Cep.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI