Hancur Diterpa Puting Beliung, Rumah Janda Renta Ini Butuh Uluran Tangan

GARUT, (GE)- Satu unit rumah sangat sederhana di kawasan Kampung Pangkurisan Kaler, Desa Leles, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut belum lama ini hancur hingga rata dengan tanah akibat terpaan angin puting beliung.

Rumah milik Mak Atik (75) janda renta ini, memang salah satu rumah yang yang jauh dari kata layak. Dengan berdinding bilik bambu, rumah Mak Atik sangat rawan ambruk.

“Ya, kasihan rumah Mak Atik berukuran 4×6 meter roboh diterjang angin puting beliung. Beruntung yang punya rumah lagi pada keluar,” ujar Den Ayat alias Goib, salah seorang tetangga Atik.


Sementara itu, menurut Marni (40) anak Mak Atik, rumah ibundanya memang sudah rapuh, sehingga sangat rawan ambruk. “Memang, rumah kami sudah rapuh, sudah reyot, beberapa tiang penyangganya juga sudah bayak yang patah. Untuk sementara kami terpaksa numpang tinggal di rumah tetangga, sebelum rumah ini bisa diperbaki,” tuturnya, lirih,Jumat (6/1/2016).

Diungkapkannya, pihak Desa setempat memang telah mengontrol dan mendokumentasikan rumah milik Mak Atik yang telah rata dengan tanah. Hal ini dilakukan, katanya untuk laporan ke tingkat Kecamatan. Namun, hingga berita ini diturunkan, bantuan untuk perbaikan rumah Mak Atik tak kunjung datang.

“Sampai saat ini kami bingung untuk memperbaiki rumah. Kami berharap pemerintah atau siapun bisa membantu untuk memperbaiki rumah kami yang hancur.” Harap Marni, salah seorang anak Mak Atik yang juga menjanda. (Kus Kuswara)***

Editor: Kang Cep.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI