Hampir Sebulan Tak Diangkut, Warga Baleendah Keluhkan Bau Sampah yang Menyengat

GARUT, (GE).- Warga Komplek Perumahan Baleendah, Kelurahan Pataruman, Kecamatan Tarogong Kidul, mengeluhkan tumpukan sampah yang sudah tercecer hingga badan jalan. Tumpukan sampah ini ditenggarai belum diangkut hampir satu bulan oelh pihak terkait. Parahnya, tumpukan sampah tersebut berada tepat di samping Masjid Jami Baitul Mutaqin.

” Bau busuk dari tumpukan sampah tersebut sangat mengganggu warga yang hendak beribadah dan sudah mengganggu kesehatan lingkungan,” keluh Yudi (32), warga setempat, Ahad (25/12/2016).

Menurutnya, tumpukan sampah di tempat pembuangan sampah (TPS) dekat Masjid Jami tersebut, sudah hampir satu bulan dibiarkan tidak diangkut oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Garut. Padahal setiap bulan warga kerap mengeluarkan iuran untuk penaganan sampah.


” Saking menumpuknya, sampah berserakan hingga keluar bangunan TPS, karena sudah tidak muat untuk menampung,” cetusnya dengan nada kesal.

Warga mempertanyakan Dinas terkait yang mengurusi kebersihan terkesan tidak pro aktif untuk melakukan penarikan sampah.

” Kerjaan Dinas LH, tersebut kan mengurus kebersihan kenapa sudah menumpuk seperti ini masih di diamkan,” tukasnya.

Keluhan juga disampaikan Rendy, warga yang juga kecewa. Dirinya bersama warga lainnya berharap agar Dinas terkait segera melakukan penanganan sampah ini. Jangan sampai tumpukan sampah tersebut dibiarkan terus sehingga menimbulkan penyakit.

” Warga juga sudah resah tumpukan sampah tersebut sudah menimbulkan bibit penyakit. Tak heran warga menutup rumahnya dengan rapat, karena banyak lalat yang berterbangan masuk ke dalam rumah,” keluhnya. (KIM)***

Editor: Kang Cep.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI