Haerudin Berkomitmen Perhatikan Nasib Paguron Pencaksilat di Garut

GARUT, (GE).- Pencak silat menjadi cabang olahraga yang paling bersinar di Indonesia. Melalui cabang olahraga ini, Indonesia dapat berjaya di kancah Asian dan juga dunia. Maklum saja, olah raga bela diri ini, merupakan warisan budaya dari para leluhur di Indonesia.

Untuk menjaga kelestariannya, Anggota DPR RI Komisi 6, Haerudin, S.Ag, MH, berkomitmen untuk memperhatikan nasib para penggerak pencak silat yang ada di paguro-paguron. Menurut dia, paguron pencak silat menjadi satu kekuatan agar seni bela diri khas Indonesia ini bisa tetap lestari di Indonesia.

Bentuk komitmennya terhadap paguron pencak silat, Minggu (6/1/2019), Haerudin bersilaturahmi dengan sejumlah pendekar paguron pencak silat se Kabupaten Garut. Bertempat di Paguron Cahaya Sinar Pusaka Gagak Lumayung, sejumlah pendekar dari berbagai perguruan nampak ikut hadir.

Pertemuan itu, dihadiri 200 tamu undangan dan 25 paguron pencak silat yang tersebar di Kabupaten Garut. Salah satu paguron yang paling banyak menorehkan prestasi yaitu paguron Siliwangi ikut andil dalam kegiatan silaturahmi itu.

“Pada intinya saya ingin tetap menjaga silaturahmi dengan para pendekar di Garut ini. Menurut saya, paguron harus mendapatkan perhatian lebih pasalnya dari sinilah para pesilat andal dilahirkan,” kata Haerudin di sela-sela pertemuan.

Haerudin berharap, ke depannya paguron ini bisa lebih maju dan tetap menjaga nilai-nilai keluhuran budaya pencak silat. Menurutnya, pencak silat ini berbeda dari cabang olahraga lainnya, pasalnya ada nilai budaya yang harus tetap dipertahankan.

“Saya berkomitmen untuk terus menjaga pencak silat ini agar tetap lestari. Khususnya di Garut, saya akan terlibat langsung dalam proses pembinaannya,” ucap Haerudin.

Sementara itu, sesepuh Paguron Cahaya Sinar Pusaka Gagak Lumayung, Cecep Bustomi, mengucapkan terimakasih atas perhatian Anggota DPR RI Komisi 6, Haerudin, S. Ag, MH, ke paguronnya. Menurutnya, selama ini jarang sekali anggota legislatif mau turun memperhatikan nasiob para penggerak paguron pencak silat yang ada di daerah.

Padahal, menurut dia, semua paguron memiliki semangat yang sama untuk melestarikan seni bela diri pencak seilat yang sudah menjadi warisan budaya para leluhur di Indonesia.

“Terkadang para penggerak paguron ini kerap dipandang sebelah mata. Padahal, justru dari cabang pencak silat prestasi Indoensia dapat terdongkrak,” ucapnya.

Ia berharap, dengan kegiatan silaturahmi dengan Anggota DPR RI ini bisa menjadi momentum kebangkitan paguron pencak silat di seluruh Indonesia. Cecep berharap, langkah Haerudin yang konsisten memperhatikan paguron pencak silat di Garut dapat diikuti oleh para pemangku kebijakan lainnya. (MHI)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI