H – 1 Pemungutan Suara Pilkada Serentak, Panwascam Wanaraja Gelar Apel Siaga Gabungan

GARUT, (GE).- Apel siaga pengawasan jelang hari pemungutan suara pada Pilkada serentak, 27 juni 2018, digelar oleh jajaran Panwaslu Kecamatan Wanaraja bersama unsur TNI – Polri dan Porkopim di alun alun Kecamatan Wanaraja, Selasa pagi (26/6/2018).

Apel gabungan yang dilaksanakan sehari sebelum Pilkada digelar ini, menurut ketua komisioner Panwaslu Kecamatan Wanaraja, Asep Burhanudin, guna menyiagakan seluruh personil pengawas mulai dari tingkat Kecamatan hingga pengawas yang bertugas ditingkat TPS.


” Kita sudah siap untuk menurunkan sebanyak 100 orang personil pengawas berintegritas . Mereka akan menjalankan peran pengawasan sesuai kapasitasnya masing masing. Pasca berakhirnya masa tenang, Pengawas terutama mereka yang bertugas ditingkat TPS, akan melakukan beberapa tahap pengawasan seperti proses pungut hitung dan rekapitulasi suara. Hal ini dipersiapkan guna mencegah berbagai tindak pelanggaran selama tahap pemilihan berlangsung. Dan dapat saya pastikan, seluruh komponen pengawas yang kita miliki saat ini, adalah mereka yang telah betul betul siap dan teruji melalui beberapa kali tahapan Rakernis”. ungkapnya.

Selain itu, komisioner Panwaslu Kecamatan Wanaraja pun telah memetakan beberapa wilayah yang disinyalir rawan terjadi tindak pelanggaran Pemilukada. Beberapa potensi kecurangan seperti praktik politik uang, penggunaan c6 milik orang lain, pemilih dibawah umur, dan kemungkinan konflik di TPS, menurutnya sudah diantisipasi dengan melibatkan unsur TNI Polri .Demi menopang suksesnya proses demokrasi Lima tahunan ini, jajaran TNI – Polri telah menyiapkan seluruh personilnya hingga ke tiap TPS.

” Demi menciptakan suasana aman dan kondusif, kita pastikan seluruh jajaran baik TNI maupun Polri sudah disiaga tugaskan. Untuk itu saya berpesan agar terjalin sinergitas antara jajaran kami dengan petugas pengawas dilapangan. Silahkan akses sudah kita buka seluas luasnya agar pengawas dapat secepatnya melaporkan berbagai peristiwa yang terjadi selama proses pengawasan” tegasnya.

Disaatyang sama Camat Wanaraja , Ganda Permana, mengajak seluruh jajaran pengawas untuk dengan sigap menjalankan Tupoksinya berdasar pada regulasi dan pedoman pengawasan. Pihaknya berharap agar gelaran Pemilukada Gubernur Wakil Gubernur,

Bupati Wakil Bupati di tingkat Kecamatan Wanaraja khususnya, dapat berjalan lancar sesuai prinsip prinsip demokrasi. (Doni Melody)**”

Editor: ER.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI