Gunung Papandayan Status Waspada! Warga Dilarang Mendekat Kawah

CISURUPAN, (GE).– Memasuki akhir tahun ini (2015) Gunung Papandayan kembali berstatus waspada, dengan level II Wasapda, sebelumnya level I Siaga. Terkait level gunung ini, pihak terkait mulai mengeluarkan larangan pada pengunjung agar tak mendekati puncaknya. Kasi Kesiapsiagaan pada Badan

Demikian diungkapkan staf Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Tubagus Agus Sofyan. “Saya ingatkan, khususnya bagi pengunjung, jangan coba-coba untuk mendekati kawah yang ada di kawasan puncak gunung.” Tandasnya, Selasa (15/12/2015).

Dikatakannya, pada surat dari Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral Republik Indonesia, Badan Geologi nomor 3503/45/BGL.V/2015. Dengan kenaikan tersebut, BPBD Garut telah menyebarkan surat edaran kepada sejumlah camat dan kepala desa untuk meningkatkan kewasapdaan.

“Jarak yang diperbolehkan hanya 1 kilo meter dari lokasi kawah Papandayan, karena aktifitasnya yang ditakutkan berubah cepat.” Tegasnya.

Pihak BPBD berharap, agar masyarakat di sekitar Gunung Papandayan tetap tenang dan tidak terpancing isu-isu yang tidak jelas sumbernya. Masyarakat senantiasa harus mengikuti arahan dari BPBD Garut dan Provinsi Jawa Barat dalam hal yang berkaitan dengan hal tersebut. (Tim GE)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI

Komentar

BAGIKAN