Guncangan Gempa di Cianjur, BPBD Imbau Warga Garut Tetap Tenang

KOTA, (GE),- Pascagempa di Kabupaten Cianjur, sejumlah warga di Garut sempat merasakan kepanikan. Terutama warga yang berada di bibir pantai Garut Selatan. Mereka khawatir guncangan hebat akan kembali menyusul. Sehingga sampai saat ini banyak warga di wilayah Garut Selatan lebih memilih tinggal di luar rumah meski malam hari.

Salah seorang warga di Kecamatan Cikelet, Ridwan (39), mengaku dirinya beserta kedua anak dan istrinya langsung berhamburan ke luar rumah saat guncangan gempa terjadi. Ia khawatir guncangan gempa akan semakin membesar.

Meski gempa telah berhenti, kata Ridwan, ia dan anggota keluarganya belum berani masuk ke dalam rumah karena takut ada gempa susulan. Menurutnya, guncangan gempa yang dirasakan sangat keras. Jadi khawatir kontruksi rumahnya ambruk.

Namun menurut Ridwan, sampai saat ini belum ada kabar kerusakan akibat gempa. Namun rasa khawatir masih menyelimuti warga di sana.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Garut, Dadi Jakaria, mengaku sampai saat ini belum ada laporan kerusakan atau pun korban jiwa akibat gempa yang terjadi di Cianjur. Ia berharap agar seluruh warga Garut tetap tenang.

“Jangan mudah terpancing isue. Nantinya malah merugikan diri sendiri,” ujarnya.

Pihaknya berjanji akan mengeluarkan pengumuman dengan cepat ke berbagai daerah jika ada kemungkinan terjadi bencana. Menurutnya BPBD telah menyiagakan relawan di tiap desa yang dinilai rawan bencana. Farhan SN***