Gubernur Berjanji Berikan Bantuan Domba Bagi Petani Garut

CIKAJANG, (GE).- Guna mendorong perekonomian masyarakat terutama di sektor pertanian dan peternakan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat secara bertahap terus mengalokasikan bantuan untuk sektor tersebut. Gubernur, Ahmad Heryawan menyatakan telah menyiapkan bantuan sebanyak seratus domba bagi masyarakat petani di Kabupaten Garut.

“Saya akan memberikan 100 ekor domba,” kata Gubernur saat mendampingi Menteri ATR/Kepala BPN RI Ferry Mursyidan Baldan dalam penyerahan sertifikat tanah kepada masyarakat di Kampung Badega, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Rabu lalu.

Heriawan menuturkan, selama ini Pemerintah Provinsi Jabar memiliki centra peternakan dan pembibitan domba di Margawati, Garut Kota dan di Kabupaten Subang dengan hasil produksi kurang lebih lima ribu ekor setiap tahunnya.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur menyampaikan bantuan seratus domba itu disiapkan bagi masyarakat yang menerima sertifikat program reforma agraria dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). “Domba itu untuk para penerima sertifikat,” katanya.

Gubernur menyampaikan bantuan domba tersebut melalui Bupati Garut, selanjutnya diatur untuk diserahkan ke koperasi agar dapat mengelola bantuan tersebut secara lebih baik. “Nanti kami serahkan ke Bupati, lalu ke koperasi, silahkan mereka memberdayakan,” katanya.

Sebelumnya, Menteri ATR/Kepala BPN RI Ferry Mursyidan Baldan hadir ke Badega, Cikajang, Garut dalam rangka realisasi pelaksanaan program reforma agraria dengan mensertifikasikan 383 hektare lahan pertanian bagi masyarakat di Kampung Badega, tersebut. Menteri Ferry menyerahkan langsung sertifikat lahan pertanian seluas 383 hektare bagi 1.100 kepala keluarga yang berprofesi petani di kampung tesebut. Farhan SN***