Gempa Guncang Sukabumi, Getarannya Terasa di Garut

GARUT, (GE).- Guncangan gempa melanda kawasan Sukabumi dan sekitarnya. Rabu (8/2/2017). Beberapa warga Garut mengaku merasakan getaran gempa tersebut, meski getarannya tak terlalu kuat, warga sempat bertanya-tanya pusat gempanya.

Dari pantauan “GE” gempa berkekuatan 5,2 skala richter itu terjadi sekitar pukul 15.34 WIB dengan pusat gempa di 7,64 LS – 106,90 BT sekitar 79 kilometer barat daya Kota Sukabumi.

Juhana (37), salah seorang warga Kecamatan Cilawu mengaku sempat merasakan gempa selama beberapa detik. “Tadi saya kira pusing saja akibat kelamaan duduk. Setelah nanya teman dia juga ngerasa ada getaran walau tidak terlalu kuat.” Katanya. Rabu (8/2/2017).


Sementara itu, dari hasil analisis BMKG menunjukkan, gempa bumi terjadi sekira pukul 15:34:16 WIB dengan kekuatan M=5.2. Pusat gempa bumi terletak pada koordinat 7.64 LS dan 106.90 BT, tepatnya pada 79 Km Barat daya Sukabumi ,Jawa Barat pada kedalaman 25 Km.

Peta tingkat guncangan (Shake Map) BMKG menunjukan bahwa dampak gempabumi berupa guncangan yang dirasakan di Soreang, Kota Bandung, Sukabumi, Cianjur dan Lembang dengan intensitas II SIG (III-IV MMI), di Bogor I SIG (I-II MMI). Di daerah ini guncangan gempabumi dirasakan oleh beberapa orang. Namun demikian, hingga sampai saat laporan ini dibuat belum ada laporan mengenai kerusakan akibat guncangan gempabumi tersebut.

Ditinjau dari kedalaman hiposenter, gempabumi ini merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng. Dalam hal ini Lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempeng Eurasia terjadi deformasi batuan sehingga menyebabkan gempabumi.

Demikian diungkapkan Kepala Bidang Data dan Informasi BBMKG Wil 2 Ciputat, Sutiyono, S.Si., Rabu (8/2/2017).

“Meskipun dangkal dan terjadi di laut, gempabumi ini tidak berpotensi tsunami, karena kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadinya tsunami.” Jelas Sutiyono.

Dijelasklannya, terkait dengan peristiwa gempabumi ini, hingga laporan ini disusun pada pukul 15:58 WIB, Rabu (8/2/2017) belum terjadi aktivitas gempabumi susulan. Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti arahan dari BPBD serta informasi dari BMKG.

“Khususnya masyarakat di daerah pesisir pantai dihimbau agar tidak terpancing isue yang tidak bertanggung jawab, karena gempa bumi ini terjadi tidak berpotensi tsunami,” tandasnya. (Tim GE)***

Editor: Kang Cep.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI