Gedung SDN Cihaurkuning 1 Terancam Longsor

CISOMPET,(GE).- Intensites hujan tinggi dalam sebulan terakhir mengakibatkan beberapa wilayah rentan terjadi tanah longsor. Hujan lebat yang mengguyur kawasan selatan Garut, tepatnya di di wilayah Kecamatan Cisompet dan sekitarnya mengakibatkan beberapa titik ruas jalan desa dan jalan provinsi tertimbun material longsor. Selain itu, bangunan yang berlokasi di dekat tebing juga dikhawatirkan terjadi pergeseran tanah

Salah satu bangunan sekolah di wilayah Cisompet misalnya. Di sekitar Gedung SDN Cihaurkuning 1, tanahnya mulai retak-retak, kondisi ini tentunya dikhawatirkan warga sekitar. Terlebi dengan kondisi seperti ini pengelola sekolah tetap menggelar Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

“Khawatir sebenarnya, tapi kita terpaksa menggelar KBM di bangunan ini. Karena memang tidak ada lagi alternatif tempat yang layak untuk belajar,”,tutur Kepala SDN Cihaurkuning, Heni,S.Pd., Sabtu (08/10/2016)


Dikatakannya, posisi tanah yang digunakan bangunan sekolah, memang agak tinggi dari bangunan yang lainnya. Sementara, bagian yang longsor tepat 1 meter dari pondasi di belakang sekolah kurang.

“Kalau dibiarkan, kita khwatir ada hujan yang lebih besar, sehingga tanah sisanya takut longsor kembali,” tutur Heni.

Diakuinya, tanah di wilayah Desa Cihaurkuning kebanyakan tanah yang rentan longsor,karena daerah perbukitan. Seperti tanah yang di pergunakan bangunan sekolah pun asalnya berbentuk pasir yang diratakan. (Iwan Setiawan).***

Editor: Kang Cep.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI