Gebyar Bahasa dan Sastra Indonesia, Sebuah Upaya STKIP Garut Kembangkan Karakter Bangsa

KETUA Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Garut, Dr.Lina Siti Nurwahidah M.Pd, meresmikan Gebyar Bahasa dan Sastra Indonesia yang dilaksanakan di kampus STKIP Garut, Rabu (3/5/17)/ Foto: Useu G Ramdan/GE.

GARUT, (GE).- Sebagai upaya untuk mengembangkan karakter bangsa Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Garut, menggelar sebuah acara edukatif bertajuk “Gebyar Bahasa dan Sastra Indonesia.”

Kegiatan yang digagas sejumlah mahasiswa STKIP dari jurusan Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dijadwalkan berlangsung selama 3 hari (3-5/5/17). Dalam kegiatan ini sejumlah pelajar setingkat SMA menjadi peserta dalam berbagai perlombaan yang kental dengan edukasinya.

Menurut panitia penyelenggara, kegiatan yang digelar di kompleks Kampus STKIP ini diikuti sedikitnya 50 peserta pelajar perwakilan dari beberapa sekolah tingkat SMA se Kabupaten Garut. Selain dari Kabupaten Garut, beberapa peserta juga ada yang datang dari luar Garut. Tercatat, beberapa pelajar dari luar Garut diantaranya datang dari Tasikmalaya dan Bandung.


Prosesi acara Gebyar Bahasa dan Sastra Indonesia ini secara resmi dibuka Ketua Program Studi (Prodi) pendidikan ahasa dan sastra Indonesia STKIP Garut, Dr. Lina Siti Nurwahidah M.Pd. Menurut Lina, Rabu (3/5/17).

“Saya harap dengan kegiatan ini mampu mengembangkan karakter bangsa lewat bahasa dan sastra indonesia. Selain itu, semua ini merupakan pengalaman berharga bagi para peserta maupun panitia itu sendiri,” tuturnya.

Sementara itu, ketua panitia pelaksana acara, Ropi Abdul Gani, mengatakan, dalam kegiatan ini, ada 3 jenis perlombaan yang sarat muatan edukasinya. Perlombaan tersebut meliputi lomba musikalsasi puisi, lomba pidato dan lomba membaca berita.

“Ketiga perlombaan itu, pesertanya khusus untuk para pelajar tingkat SMA. Sedangkan lomba debat yang pesertanya khusus mahasiswa akan dilaksanakan pascabulan suci Rhamadan tahun 2017 ini,” tuturnya.

Diharapkannya dengan kegiatan ini mampu meningkatkan kecintaan terhadap bahasa dan sastra Indonesia. Rencananya, kegiatan serupa akan digelar rutin setiap satu tahun sekali.

“Kita tentu berharap, dewngan kegiatan ini mampun mendorong generasi penerus bangsa Indonesia tidak akan meninggalkan bahasa dan sastra negaranya sendiri. Kami panitia, mengucapkan terima kasih banyak kepada semua pihak. Khususnya para peserta dan sponsor pendukung dalam gelaran gebyar sastra dan budaya di STKIP Garut ini,” pungkasnya. (Useu G Ramdani)***

Editor: Kang Cep.

 

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI