Gara-gara Mangkir Selama 6 Bulan? Kades Cigagade Resmi Dipecat dari Jabatannya

GARUT, (GE).- Sebelumnya merebak isue Kepala Desa Cigagade Kecamatan Balubur Limbangan, Kabupaten Garut “YY” berurusan dengan hukum akibat korupsi. Bahkan, saat ini Kades tersebut diberhentikan dari jabatannya. Untuk melaksanakan berbagai tugas pemerintahan Desa Cigagade, Pemkab Garut melantik Ahmad Syafii sebagai Pjs Kades Cigagade.

Camat Balubur Limbangan, Arif Rumdana, menyebutkan, untuk mengisi keksosongan jabatan Kades Cigagade, telah dilaksanakannya pelantikan Pjs Kades Cigagade, Jumat (28/4/2017).

“Pelantikan ini dilakukan setelah kades depinitif, “YY,” diproses hukum akibat dugaan korupsi yang dilakukannya saat menjabat sebagai kades selama satu tahun lebih,” katanya.


Namun menurut Arif, pemberhentian YY dari jabatannya sebagai kades bukan karena dugaan korupsi yang telah dilakukannya. Pemberhentian dilakukan lebih karena mangkir yang dilakukan YY selama lebih dari enam bulan.

“Ya, memang Dia (YY/red.) telah diberhentikan dari jabatannya sebagai Kades Cigagade. Namun itu bukan karena dugaan kasus korupsi yang dilakukannya, tetapi karena dia dianggap mangkir selama lebih dari enam bulan,” ungkapnya.

Dijelaskannya, sebelumnya Ahmad Syafii pernah menjadi PNS yang diangkat menjadi sekdes Cigagade. Namun kemudian Ahmad dipindahtugaskan ke kantor Kecamatan Limbangan.

“Sebelum dilantik menjadi Pjs, Ahmad juga sempat ditunjuk menjadi Plt Kades Cigagade. Namun karena kewenangan seorang Plt yang terbatas terutama berkaitan dengan program pemerintah yang ada kaitannya dengan bantuan yang diturunkan oleh pemerintah pusat ke desa, akhirnya Ahmad pun dilantik menjadi Pjs,” ungkapnya.

Diungkapkannya, pelantikan Ahmad menjadi Pjs bertujuan untuk mencegah terjadinya kepakuman pemerintahan Desa Cigagade dalam menjalankan tugas dan pembangunan desa.

“Pelantikannya dilakukan Bupati Garut yang diwakili Camat Balubur Limbangan karena Bupati sedang ada kegiatan lain,” katanya.

Prosesi pelantikan dan penyerahan surat keputusan pengangkatan Ahmad Syafii menjadi Pjs Kades Cigagade dilakukan secara sederhana di aula Kantor Desa Cigagade, Kamis (28/4/2017).

Sementara itu, terkait tudingan penyalahgunaan Dana Desa (DD) yang dilakukan YY, menurut Arif hal itu bukan merupakan ranah Pemkab Garut apalagi kecamatan.

“Kasus tersebut sudah menjadi ranah kepolisian. Apalagi saat ini kasusnya sudah ditangani jajaran Tipikor Polres Garut,” tukasnya. (Tim GE)***

Editor: Kang Cep.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI