FPIK Uniga Gelar Pameran Seni Rupa Islami Internasional

UNIGA, (GE).- Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan (FPIK) Universitas Garut, menggelar pameran seni rupa internasional bertema “Bernafas Islam dan Kelas Seni”. Dalam pameran ini para perupa dari dua negara sahabat turut serta memamerkan hasil karyanya. Selain dari Indonesia sendiri, berbagai karya seni rupa juga dita,ilan oleh para seniman dari negara India dan Jepang, Kamis (27/10/2016).

Dalam gelaran pameran ini, secara khusus menampilkan karya dengan berbagai macam karya seni rupa Islami seperti kaligrafi.  Sejumlah karya kaligrafi yang didatangkan langsung dari Jepang dan India tampak menghiasi area pameran di kompleks Universitas Garut.

Dari Indonesia sendiri dipamerkan sejumlah lukisan indah karya beberapa seniman, termasuk beberapa lukisan karya putra Garut sendiri. Selain itu, dalam gelaran pameran seni ini juga ada performa art dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Universitas Pasundan dan perwakilan setiap Fakultas dari Universitas Garut sendiri.


Acep Setiawan, kurator, yang juga panitia gelaran pameran ini mengatakan, pameran seni rupa internasional Islami digelar, diantaranya untuk menghidupkan seni Islami. Untuk menyemerakan pameran, dihadrikanlah beberapa karya seni rupa dari luar negeri.

“Selama ini saya berkomunikasi via internet dengan relasi di Jepang dan India. Karena sebelumnya saya memiliki relasi yang baik yang terus dijalin. Alhamdulillah lancar dan mereka berkenan mengirimkan karya-karyanya,” ungkapnya.

Acep menuturkan di hari kedua acara tersebut diadakan kelas seni, yang pesertanya dari sembilan kota yaitu Hyderabad (India), Nagoya (Jepang), Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Indramayu, Tanggerang, Cianjur dan Garut.

“Pemateri di acara tersebut dihadirkan tiga pembicara, antara lain oleh pendiri Yayasan STAIPI Iqbal Gojali, ahli sastra Islam Heri Mohammad T, S.Fil., M.Pd dan Penerjemaah Kitab-kitab Ahmad Zaeni Dahlan, Lc”. Jelasnya.  (Sidqi Al Ghifari)***

Editor: Kang Cep.

 

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI