Festival Dodol Nusantara Ajang Promosi Wisata Kuliner

Bupati Garut, H Rudy Gunawan, beserta Asdev pengembangan aset nasional kemantrian pariwisata,H.Ato Hermanto, pemilik perusahaan Dodol Garut Picnic, disela-sela acara Festival Dodol Nusantara, yang berlokasi di Lapangan Merdeka Kherkoff Garut. (Sabtu, 14/11/2015)/ Useu/GE.

KHERKOF, (GE).- Dalam rangka mempromosikan wisata kuliner daerah, kementrian pariwisata bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Garut, beberapa hari yang lalu menggelar Festival Dodol Nusantara. Gelaran festival produk kuliner ini berlang selama dua hari penuh, bertempat di Lapangan Merdeka Kherkof, (14-15/ 11/ 2015).

Kegiatan tersebut mempunyai tujuan utama, yaitu mempromosikan salah satu pesona wisata kuliner yang menjadi daya tarik wisata, serta mendorong pemerintah daerah bersama satake holder yang lain, untuk membangun destinasi wisata kuliner Indonesia yang berdaya saing tinggi.

Dalam press relesae dari Kementrian Pariwisata, mencatat, per tahun 2013, sektor kuliner memberikan kontribusi nilai tambah bruto, sebesar Rp 208,6 triliun, dengan rata-rat pertumbuhannya sebesar 4,5 %, dan mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 3,7 juta orang, dengan pertumbuhan rata-rata 0,26%.

Bupati Garut, H. Rudy Gunawan beserta Asdev Pengembangan Aset Nasional Kementrian Pariwisata, didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Garut, Drs. Mlenik Maumeriadi, M.Si, secara langsung meninjau beberapa stand peserta yang memamerkan aneka olahan dodol dan kuliner lainnya.

Bupati mengatakan, festival ini merupakan program Kementrian Pariwisata yang mengangkat salah satu kuliner legendaris, yaitu dodol. “Dodol Garut mempunyai nilai yang cukup signifikan, dan itu semua bisa mengangkat perekonomian rakyat,” tuturnya.

Asdev Pengembangan Aset Nasional Kementrian Pariwisata Republik Indonesia, Raseno Aji, mengakuI, jika dirinya penyukai dodol sejak lama. Ia bertekad akan kembali menggelar festifal serupa ada tahun depan dengan lebih meriah lagi.

Menanggapi pernyataan dari pihak kementrianpariwisata yang akan menggelar acara lebih besar lagi, kadisparbud kabupaten Garut, Drs. Mlenik menyambut baik, dan ia sangat yakin, kuliner khas seperti dodol ini bisa menjadi andalan pertumbuhan ekonomi daerah. (Useu G Ramdani)***