Festival Dayung Rakit Situ Cangkuang, Bangkitkan “Pesta Cai”

Suasana kemeriahan Festival Lomba Dayung Rakit Situ Cangkuang, di kawasan Kecamatan Leles, Garut, Sabtu (19/8/17)/ foto:Dedi/GE.

GARUT,(GE).- Gelar festival merupakan salah satu cara untuk menarik wisatawan berkunjung  ke tempat wisata. Seperti yang dilakukan oleh UPT Wisata Alam dan Budaya Candi Cangkuang di Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, baru baru. Sekaligus memperingati HUT RI ke 72, UPT  UPT Wisata Alam dan Budaya Candi Cangkuang mengadakan festival lomba dayung rakit tradisional, Sabtu (19/8/2017).

Festival tersebut secara resmi dibuka langsung oleh Kepala Disparbud Kabupaten Garut, Budi Gan Gan. Dalam sambutannya, Budi Gan Gan menyampaikan  festival ini akan didorong menjadi kalender tahunan Disparbud Garut.

“Dulu di Situ Cangkuang setiap tahun suka ada festival “pesta cai” maka dengan adanya festival ini, akan dijadikan tonggak untuk membangkitkan kembali “pesta cai” tersebut” ucapnya.


“Mudah-mudahan pada tahun depan festival “pesta cai” bisa direalisasikan,” tandasnya.

Sementara itu, Wawan, selaku Kepala UPT mengatakan bahwa festival ini bisa terlakasana berkat kerjasama antara UPT dengan beberapa pihak diantaranya  tokoh penggerak pariwisata, himpunan pemandu Indonesia, juru pemelihara dan paguyuban rakit putra Cangkuang.

“Diperkirakan jumlah pengunjung yang datang sekitar 2.000,” kata Wawan.

“Jumlah rakit yang ikut dalam pestival ini berjumlah sepuluh rakit. Setiap satu rakit didayung oleh sepuluh orang” ucapnya.

Diktakannya, peserta yang mengikuti festival ini  berasal dari beberapa perwakilan, mulai Disparbud, UPT, Kecamatan, Jupel, Polsek, Koramil,  pemilik rakit dan perwakilan kios yang ada di lingkungan wisata dan desa yang diwakili empat RW.

Ketua dari Tokoh Penggerak Wisata, Cucu, berharap festival ini bisa diagendakan secara rutin, sehingga bisa mendongkrak kunjungan wisatawa ke destinasi wisata Situ Cangkuang.

“ Kita mengharapkan, festival ini bisa digelar rutin, sehingga bisa mendongkrak jumlah wisatawan yang berkunjung ke Situ Cangkuang,” katanya. ( Dedi Sofwan ) ***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI