Eksotisnya Pantai Karangparanje Belum Terseksplorasi

TAMPAK, beberapa wisatawan menikmati keindahan sunset kala senja tiba di Pantai Karangparanje, kawasan Garut Selatan. Belum lama ini. Useu GR/'GE.'
(GE).- Pantai Karang Paranje di Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut, Jawa Barat boleh jadi kalah tenar dengan Pantai Santolo ataupun Pantai Rancabuaya. Namun, bukan berarti pantai ini tidak memiliki daya tarik. Pantai Karang Paranje tetap memiliki keindahan panorama pantai khas pantai selatan seperti kedua pantai itu.

Hamparan pasir putih dengan deburan ombak yang seakan tertahan gundukan karang di tepi pantai, membuat Pantai Karang Paranje tetap memikat penikmat wisata pantai.
Sayangnya, keindahan Pantai Karang Paranje belum didukung dengan fasilitas yang memadai. Padahal, setiap harinya, ke pantai ini selalu ada saja pengunjung yang ingin menikmati kemolekan objek wisata tersebut.

Pengunjung yang datang tidak hanya warga sekitar, tetapi warga luar Garut pun banyak yang penasaran dan datang langsung ke Pantai Karang Paranje. Anggun (18), pengunjung asal Kota Bogor, misalnya. Ia rela menempuh jarak ratusan kilometer untuk menginjakan kakinya di Pantai Karang Paranje. Ditemani seorang temannya bernama Agnia, Anggun mengaku senang bisa mengunjungi tempat seindah Pantai Karang Paranje. Tetapi,

Anggun menyayangkan dengan kondisi Pantai Karang Paranje yang seakan-akan dibiarkan tanpa ditata dan dikelola dengan baik. Salah satu buktinya, antara lain dibiarkannya kendaraan masuk ke area pantai sehingga mengurangi ketenangan pengunjung.
Walaupun bukan orang Garut, Anggun berharap agar potensi objek wisata Pantai Karang Paranje segera ditata. Ia yakin, jika dikelola dengan baik, tempat indah ini bisa menjadi lokasi wisata favorit di Kabupaten Garut.

Multiefek Ekonomi Pariwisata

Pengembangan sektor pariwisata berbasis pantai memang meniscayakan penataan. Dilengkapi dengan fasilitas penunjang lainnya disesuaikan dengan daya dukung kawasan pantai.

Dilansir situs resmi Pemkab Garut, www.garutkab.go.id, kegiatan wisata yang bisa dilakukan di Pantai Karang Paranje adalah menikmati pemandangan pantai (sightseeing), memancing, fotografi, bermain di pantai, berjalan-jalan, dan melihat matahari tenggelam (sunset). Aktivitas yang berpotensi untuk dikembangkan antara lain berperahu, berjemur, spooning nook, dan olah raga air.

Potensi-potensi kegiatan wisata di Pantai Karang Paranje itu hingga kini belum mampu diwujudkan. Andai bisa diwujudkan, tentu akan berdampak terhadap perekonomian warga.
Pegiat pariwisata Garut, Dedi Satriandhi, menjelaskan, keberadaan objek wisata seperti pantai dapat mendatangkan multiefek bagi perekonomian. Tidak hanya di sekitar pantai, namun juga di jalur yang dilalui pengunjung.

“Para pengunjung tentu akan mengeluarkan uang untuk keperluan berwisatanya. Setidak-tidaknya mampir ke warung untuk membeli makanan. Kalau jumlahnya ratusan apalagi ribuan kan nilainya jadi berlipat. Ini hanya contoh kecil saja. Belum lagi pendapatan untuk pengelola penginapan ataupun hotel,” katanya.
Ditegaskannya, tinggal kemauan Pemkab Garut saja untuk mendorong nilai jual objek wisata pantai.

(Useu G. Ramdani/Firman)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI

Komentar

BAGIKAN