Dukun Pengganda Uang dari Bungbulang Diciduk Polisi, Begini Kronologinya

BUNGBULANG, (GE).- Jangan tergiur janji manis praktik perdukunan. Apalagi jika dijanjikan bisa menggandakan uang berkali-kali lipat. Jika Anda tergiur mungkin akan menjadi korban penipuan seperti yang terjadi di Kecamatan Bungbulang Kabupaten Garut.

Jajaran Kepolisian Resor Garut, Jumat (15/7) lalu menggagalkan aksi penipuan dengan modus penggandaan uang di wilayah Kecamatan Bungbulang. Dari tangan tersangka diamankan uang tunai senilai jutaan rupiah. Barang bukti tersebut, dijanjikan pelaku bisa berlipat ganda menjadi miliaran rupiah.

Kasubag Humas Polres Garut, AKP Ridwan Tampubolon mengatakan jika dari lokasi penangkapan diamankan enam orang. Diantara mereka yang diamankan diketahui merupakan anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya berinisial ES.

“Lokasi penangkapan berada di Desa Gandamekar Kecamatan Bungbulang, dan dua diantaranya diketahui adalah DD dan TT yang diketahui merupakan warga Bandung dan seorang perempuan. Mereka diketahui hendak menipu korban dan membuat janji di lokasi penangkapan, dan kebetulan di lokasi yang sama terdapat juga anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya,” ujarnya, Selasa (19/7/2016).

Pelaku yang berdasarkan hasil pemeriksaan berjumlah dua orang itu mengelabui korban dengan mengiming-imingi akan mendapatkan uang dengan jumlah banyak. Syarat yang harus dilakukan adalah mengumpulkan uang terlebih dahulu dengan cara diperbolehkan untuk di cicil.

“Kasus ini tengah dilakukan penyelidikan lebih lanjut oleh Satreskerim Polres Garut untuk mengetahui apakah terlibat jaringan atau tidak. Sedangkan anggota DPRD yang berada di lokasi saat dilakukan penangkapan belum terindikasi terlibat, dan berdasarkan pengakuan, ia saat itu hendak berziarah ke salah satu makam karena lokasi penangkapan berada di rumah kunceng penjaga makam itu,” katanya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, pada hari yang sama Polres pun mengamankan tersangka penipuan dengan modus yang sama.

Pelaku yang berjumlah dua orang sendiri diamankan di kawasan Sarana Olah Raga (SOR) Merdeka atau Kherkof Jalan Merdeka Garut setelah dipancing oleh anggota Satreskrim Polres Garut.

Dari tangan tersangka diamankan uang tunai senilai Rp 13 juta, namun otak dari kelompok penipu itu diketahui kabur menggunakan kendaraan roda empat. Adapuan yang menjadi korban pada penipuan tersebut merupakan warga Karawang namun tempat kejadian berada di Garut. (Farhan SN)***