Duh, Jalan Bayongbong-Cigedug Mengkhawatirkan

BAYONGBONG,(GE).- Sudah hampir satu tahun kondisi jalan penghubung antara kecamatan Bayongbong- Cigedug rusak parah. Jalan sepanjang 500 m tersebut terletak di Kampung Caringin, Desa Ciburuy merupakan akses utama yang menyambungkan dua kecamatan.

Kondisi jalan tampak semakin parah ketika musim hujan turun. Drainase yang berada di sisi kanan dan kiri jalan tidak berfungsi karena tumpukan sampah, sehingga mengakibatkan air hujan meluap ke jalan. Tidak jarang pengguna kendaraan yang melintasi jalan tersebut terjatuh.

Buruknya infrastruktur jalan ini tentunya sangat membahayakan pengguna jalan, bahkan telah terjadi beberapa kali kecelakaan. Contohnya, Agit,siswa SMA yang hendak berangkat sekolah terjatuh setelah roda depan motornya masuk lubang jalan yang tidak terlihat karena terendam air.

Menurut Asep (36), warga Kampung Caringin, sebetulnya jalan tersebut sudah pernah diperbaiki dengan betonisasi, namun sayangnya pengerjaan jalan tersebut terkesan asal-asalan. Bahkan pngerjaannya tidak diselesaikan dan dibiarkan begitu saja.

“Katanya ini dikerjakan oleh Pemborong asal Wanaraja, saya tidak tahu persis nama CV nya, tapi yang jelas pengecoran jalan ini tidak mereka selesaikan. Melihat kondisi tersebut kami bersama-sama warga berinisiatif untuk meneruskan perbaikan jalan dengan biaya swadaya pengguna jalan dan warga sini” tutur Asep, Rabu (28/11/2015).

Ditambahkannya, Sejak itu, jalan ini tidak pernah diperbaiki lagi sampai sekarang. Untuk meminimalisir agar kondisi jalan tidak semakin parah, warga bergotong-royong menambal jalan dengan sisa-sisa batako.
“Yang kita lakukan ini hanya meminimalisir saja, agar jalan tidak terlalu parah dan membahayakan pengguna,” imbuhnya

Asep mewakili warga setempat, berharap kepedulian dari pemerintah, agar segera memperbaiki jalan tersebut mengingat jalan tersebut merupakan akses vital warga sekitar. (Agus Muhram)***