Dua Kawasan Wisata di Garut Selatan Terdampak Gelombang Pasang, Belasan Bangunan Milik Warga Rusak

GARUT,(GE).- Gelombang pasang (banjir rob) yang disertai angin kencang menerjang kawasan pantai selatan Garut. Akibat gelombang setinggi kurang lebih 1-2 meter tersebut, beberapa kawasan wisata sempat terendam. Kejadian yang sempat mebuat panik warga sekitar ini terjadi sekira pukul 04.00, WIB, Rabu (25/07/18).

Menurut Camat Cibalong, Ahmnad Mawardi, sedikitnya dua kawasan wisata pantai di wilayah Kecamatan Cibalong terdampak banjir rob tersebut. Kedua pesisir pantai tersebut ialah Pantai Cijeruk Desa Sagara, Kecamatan Cibalong, Cibalong, Kabupaten Garut.


“Ya, dua kawasan wisata pantai di Kecamatan Cibalong terdampak banjir rob yang terjadi shubuh tadi. Menurut keterngan warga, ketingginyan sekitar satu meteran lebih. Alhamdulillah, korban jiwa tidak ada, namun kerugian materiil saja,” ujar Camat Cibalong, Rabu (25/07/18).

Dijelaskannya, akibat terjangan banjir rob tersebut ada 15 unit bangunan rumah/ warung warga sekitar pantai yang rusak dan terendam. Selain bangunan, satu unit perahu nelayan rusak berat.

“Selain itu, ada juga kerugian materiil lainnya, diantaranya 9 kolam milik warga terendam serta tambang pengikat perahu nelayan sepanjang 1,6 km rusak berat. Kerugian materil akibat banjir rob di kawasan tersbut ditaksir mencapai puluhan juta rupiah,” ungkapnya.

Sementara itu, Aceng, salah seorang nelayan di akwasan tersebut mengaku tidak terlalu khawatir dengan adanya banjir rob. Ia memilih tidak mengungsi.

” Kami tidak akan mengungsi, namun untuk melaut sepertinya kita akan melihat situasi sampai keadaan laut tenang kembali,” katanya.

Menurut Camat Cibalong, hingga pukul 15.15 WIB, kondisi air laut mulai surut. Namun demikian, Ia menghimbau keda warga yang beada di sekitar pantai untuk tetap waspada dengan perubahan cuaca.

“Kami menghimbau kepada warga sekitar pantai agar tetap waspada.Selalu berhati-hati serta segera melaporkan apabila ada bencana susulan,” ungkapnya. (ER)***

Editor: Kang Cep.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI