Dua Gadis Amerika Warnai Program Bina Wilayah di Desa Cipaganti

GARUT, (GE).- Nuansa berbeda tampak saat digelar program Bina Wilayah di Desa Cipaganti, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Selasa (14/3/17). Selain Tim Bina Wilayah dari Kabupaten, ibu-ibu kader PKK Desa Cipaganti, Muspika setempat, saat acara tersebut juga tampak dua orang gadis bule turut serta dalam kegiatan ini .

“Ya, we are in the village Cipaganti happened to be no research on the nature and rare animals in the Garut district. So, yes follow this event,” (Ya, kita di Desa Cipaganti kebetulan sedang ada penelitian tentang alam dan hewan langka di kawasan Garut. Jadi ya ikutan acara ini),” tutur Hellena (18), kepada “GE”.

Menurut, Cucu Sukartini, yang tak lain Kepala Desa Cipaganti, kedua gadis bule asal Amerika Serikat ini memang telah beberapa pekan tinggal di desanya untuk sebuah penelitian.


“Helena sudah hampir dua pekan tinggal di sini (Desa Cipaganti/red). Katanya untuk penelitian alam Garut dan beberapa hewan langka. Mereka juga sering mengikuti kegiatan ibu-ibu PKK di sini,” ujar Cucu.

Keberadaan dua gadis bule tentu menjadikan warna lain dalam kegiatan ini. Bahkan, saat acara berakhir dan memasuki sesi ramah-tamah, kehebohan pun sempat terjadi. Apalagi kalau bukan ber-selfie-ria. Sejumlah peserta, panitia, tak terkecuali Camat dan Kades, beramai-ramai minta foto bareng dengan dua gadis bule ini.

Camat Cisurupan, H. Jujun Juhana, mengatakan, program Bina Wilayah sendiri bertujuan untuk pembinaan agar langkah kegiatan program yang digulirkan sesuai dengan visi dan misi PKK sampai tingkat desa.

Dijelaskannya, dalam pelaksanaannya bina wilayah desa/kelurahan dapat menentukan pelaksana terbaik, diantaranya Posyandu, Kader PKK, UP2K. Pelaksana 10 program PKK, yang meliputi PKK, KB, kesehatan, PHBS (Perilaku Hidup Bersih Sehat), LBS (Lingkungan Bersih Sehat), dan 3B (Bergizi, Beragam, Berimbang) Aman.

“Selain itu, TP PKK sebagai mitra pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan mempunyai peran strategis dalam mencapai visi dan misi daerah. Karena TP PKK bisa menyampaikan program-program Pemda sampai ke tingkat desa. Nah, di Desa Cipaganti, dalam kegatan kali ini agak spesial, karena kehadiran dua gadis bule. Mudah-mudahan saja program bina wilayah di sini (Desa Cipaganti/red) bisa mendunia,” tutur H. Jujun, seraya tersenyum.

Dijelaskannya, TP PKK melalui anggotanya, diharapkan dapat menyosialisasikan berbagai program pemerintah lainnya. Semisal program KB, keluarga sehat, K3 dan program-program lainnya yang nantinya akan menjadi menopang kesejahteraan masyarakat. (ER)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI