DPD Gumkemindo Garut Resmi Dibentuk, Pemetaan UMKM Jadi Program Prioritas

SEJUMLAH pengurus Gumkemindo saat dilanti8k di Hotel Redante, Jalan Raya Samarang, Tarogong Kaler, Senin (8/8/2016).*

TAROGONG, (GE).- Pengurus Dewan Perwakilan Daeran (DPD) Gabungan UMKM Seluruh Indonesia (Gumkemindo) resmi dikukuhkan. Pada kesempatan itu, Abdul Karim, dikukuhkan sebagai Ketua Gumkemindo Garut. Bersama pengurus lainnya, ia dikukuhkan di hadapan pengurus Gumkemindo pusat.

Sebelum pelantikan, Ketua Gumkemindo Pusat, Tati Maryati, mengatakan saat ini pembinaan dan pelatihan untuk UMKM dirasakan masih kurang dan belum merata. Selain itu, pemahaman UMKM terhadap kebersihan produk dan pengemasan masih menjadi permasalahan krusial usaha mikro dan kecil.

Oleh sebab itu, Gumkemindo dibentuk untuk meringankan beban para pelaku UMKM. Mudah-mudahan kedepannya Gumkemindo bisa menjadi bagian penting dalam perjalanan pelaku UMKM di Indonesia.

“Apa lagi, saat ini persaingan bebas antar negara telah dibuka. Maka pelaku usaha di Indonesia harus sudah bersiap menghadapi tantangan besar itu,” katanya, saat memberikan sambutan pada pelantikan pengurus Gumkemindo di Hotel Redante, Jalan Raya Samarang, Kecamatan Tarogong Kaler, Garut, Jawa Barat, Senin (8/8/2016).

Oleh sebab itu, sebelum Gumkemindo terjun melakukan pembinaan terhadap UMKM. Alangkah lebih baiknya, dilakukan pemantapan organisasi di tiap daerah.

Kabupaten Garut, paling responsif menangkap peluang ini. Diharapkan di Garut bisa tumbuh UMKM kompeten untuk membantu pemerintah membuka lapangan kerja dan mengurangi jumlah kemiskinan.

Sementara itu, Ketua DPD Gumkemindo Garut, Abdul Karim, mengaku program prioritas dirinya yaitu melakukan validasi keanggotaan UMKM di Garut. Pasalnya selama ini, pelaku UMKM tidak terdata dengan baik. Sehingga berbagai jenis bantuan terkadang sulit dipetakan apakah tepat sasaran atau tidak.

“Jika datanya sudah ada, tinggal melakukan skala prioritas. Mana yang harus didahulukan UMKM yang akan mendapat bantuan,” kata Karim.

Selain itu, kata Karim, pelaku UMKM harus bisa meningkatkan kualitas produknya. Sehingga bisa bersaing di pasar bebas. Oleh sebab itu, Gumkemindo akan senantiasa melakukan pembinaan terhadap anggotanya.

“Saya rasa, pelaku UMKM di Garut masih perlu dilatih. Selain itu, sokongan modal pun harus terus dikucurkan. Tujuannya UMKM di Garut bisa mandiri dan dapat membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya,” pungkas Karim. Farhan SN***