“Domba Catwalk” Kini Tampil di Festival Ternak Jawa Barat 2017

GARUT, (GE).- Selama ini domba Garut dikenal sebagai hewan ternak yang biasa dijumpai di arena aduan (ketangkasan). Namun dalam beberapa tahun terakhir, hewan ternak yang telah menjadi ikon kabupaten Garut ini ditampikan dengan kreasi lain. Tampilan domba Garut yang tampak gagah ini didandani menjadi domba anggun yang berlenggang di atas karpet merah.

Untuk tahun ini (2017) gelaran Domba Catwalk yang digagas Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI) serta kerjasama dengan Dinas Peternakan Garut digelar di Lapangan Sepak Bola Ngamplang, Kecamatan Cilawu, Garut, Rabu (18/7) malam. Domba Catwalk tahun ini berbeda dengan gelaran tahun latun sebelumnya, selain diadakan di malam hari, kali ini acaranya dirangkaian kan dengan acara Festival Hewan Ternak Jawa Barat 2017.

Dalam ajang ini, domba Garut yang terkenal gagah dan tangkas itu di ‘make-up’ bak model peraga busana. Para pemilik domba Garut ini berlomba-lomba mendandani domba mereka seunik mungkin untuk meraih nilai terbaik.


Dalam acara ini, turut hadir jajaran Muspida Garut serta Dinas Peternakan Provinsi Jawa Barat. Tak kurang dari 30 ekor domba Garut milik para peternak dari beberapa daerah di Jawa Barat turut ambil bagian menampilkan hewan piaraannya.

Puluhan domba asli Garut itu tampak melanggak-lenggok di atas karpet merah, diiringi kesenian musik khas Sunda sembari digiring oleh para pemilik dan seorang umberella girl.

Acara langka ini tentunya mengundang perhatian masyarakat sekitar lokasi dan para tamu undangan yang hadir. Salah seorang panitia, Deni Rinjani mengatakan, Domba Catwalk ini digelar bukan tanpa alasan. Acara ini ditampilkan untuk memperlihatkan sisi lain dari domba Garut.

“Selain tangkas di arena laga, domba asli Garut juga memiliki keindahan tersendiri. Tanduknya juga sangat khas dan elegan jika dibandingkan domba-domba lainnya. Dan kami ingin memperkenalkan sisi lain dari domba Garut itu lewat Domba Catwalk ini,” kata Deni , Kamis (19/7) dini hari.

Sementara itu, Bupati Garut, Rudy Gunawan mengatakan, Domba Catwalk ini kedepannya akan dilestarikan oleh Pemerintah Kabupaten Garut sebagai salah satu kesenian baru.

“Dulu kan acara ini hanya untuk domba Garut yang ada di Garut saja. Namun, sekarang kita kembangkan, daerah lain juga diperbolehkan untuk ikut,” katanya. (Memphis)***

Editor: Kang Cep.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI