Domba Catwalk Goes to Campus Digelar di UNIGA

TARKID, (GE).- Agenda tahunan Domba Catwalk yang sudah berlangsung di Kabupaten Garut sejak tahun 2009 lalu, dalam waktu dekat akan kembali digelar. Kali ini diharapkan tontonan unik tersebut memiliki nilai lebih dibanding tahun tahun sebelumnya.Pada awal bulan Maret mendatang, Domba Catwalk akan di gelar di Kampus Universitas Garut (UNIGA), dengan tema “Domba Catwalk Goes to Campus”.

Menurut salah seorang pemrakarsa awal acara Domba Catwalk, Deni Rinjani, event ini memang selalu dilaksanakan tiap tahun, dan biasanya selalu dikaitkan dengan kegiatan memeriahkan hari jadi Garut, dengan kemasan tema berbeda beda setiap tahunnya.

“Dulu pada awal penggarapan ide acara domba catwalk tahun 2009, kegiatan ini menjadi bagian dari rangkaian peringatan Hari Jadi Garut. Hampir lima tahun berturut turut acara dilaksanakan di Alun alun, ditengah tengah acara Pameran Hari Jadi Garut,” papar Deni, Sabtu, (23/1/16).

Bahkan, lanjut Deni, bersamaan dengan peringatan dua abad Garut, tahun 2013 lalu, Domba Catwalk sempat tercatat mendapatkan penghargaan dari Musium Rekor Indonesia (MURI), karena keunikannya. “Ya, karena domba garut yang selama ini dikenal sebagai binatang petarung, ternyata bisa juga kita kemas, kita kasih busana feminim dan ditampilkan di atas catwalk dan berjalan beriringan dengan musik sbagai layaknya model peragawati,” imbuh Deni.

Setelah dua tahun berturut turut (2014-2015) Domba Catwalk diperhelatkan di lokasi objek wisata Situ Bagendit dengan tema “Ngamumule Situ Bagendit” untuk tahun 2016 ini, acara akan digelar di Kampus Uniga, dengan tema “Domba Catwalk Menyongsong MEA” (Masyarakat Ekonomi Asean-red). Jika biasanya acara hanya berlangsung selama satu hari, kali ini acara akan dilaksanakan selama dua hari, karena akan ditambah dengan Seminar tentang Domba Garut dan pameran kerajinan dan kuliner yang berkaitan dengan domba, serta lomba photography dan kegiatan lainnya.

“Walaupun tahun ini kegiatan ini tidak diakomodir oleh Pemerintah Kabupaten Garut, kami yakin bersama dengan antusias para peternak domba yang tergabung di Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI) dan kepedulian Uniga dengan segala fasilitas yang diberikan, kegiatan ini akan meningkat kualitasnya dan makin berisi,” ungkap Deni.

Terkait hal ini, Rektor Uniga, DR. H.Abdusy Syakur Amin membenarkan adanya kerjasama antara panitia Domba Catwalk dengan lembaganya. Menurutnya, dia sangat tertarik dengan kegiatan tahunan ini, karena domba garut sebagai salah satu produk unggulan Garut memang harus terus digelorakan popularitasnya melalui inovasi budaya seperti ini.

“Sebagai perguruan tinggi kami memang harus peduli untuk pengembangan potensi yang dimiliki oleh Garut. Terlebih di kami ada Fakultas Pertanian, yang di dalamnya ada juga jurusan Peternakan. Jadi tidak ada alasan kami untuk menolak tawaran teman teman yang untuk bekerja sama dengan kami. Justru kami akan memadukan setuhan seni budaya dari domba catwalk ini dengan intelektualitas dan pengembangan ekonominya,” beber Syakur.

Berdasarkan informasi dari panitia kegiatan, rencananya selain Uniga sebagai tuan rumah, kegiatan ini akan didukung pula oleh Kementerian Luar Negeri, KADIN Garut, PHRI, para seniman dan elemen masyarakat lainnya. (Slamet Timur)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI

Komentar

BAGIKAN