Dinilai Tak Miliki Izin, Ratusan Jamaah Masjid Agung Tuntut Pameran HJG Ditutup

GARUT, (GE).- Usai shalat Jumat, massa jamaah Masjid Agung menggelar aksi unjuk rasa di depan gedung Pendopo Garut. Jumat (24/2/2017). Seratusan orang massa yang tergabung dalam Forum Jamaah Masjid Agung ini menuntut Pameran Hari Jadi Garut (HJG) ke 204 yang digelar persis halaman Masjid Agung Garut ini segera ditutup.

Massa menilai tidak semestinya pemerintah menggelar Pameran di halaman masjid. Mereka menegaskan bahwa kompleks masjid seharusnya hanya digunakan untuk kepentingan masjid.

“Jelas, kami sebagai jamaah Masjid Agung Garut, menuntut pemerintah untuk segera menutup pameran HJG ini. Pameran ini tidak memiliki izin dan rekomendasi dari kami (pengurus masjid/red.),” tutur Ade Sumarna, yang merupakan koordinator aksi.


Menanggapi tuntutan demonstran, Sekertaris Daerah Kabupaten Garut, Iman Alirahman menyampaikan permintaan maafnya kepada para jamaah Masjid Agung. Dikatakannya, pemerintah berjanji akan segera merealisasikan tuntutan jamaah, menutup pameran tersebut hari ini juga (Jumat/ 24/2/2017).

” Insya Allah akan kita bongkar malam nanti. Pameran Hari Jadi Garut ini akan ditutup,” katanya.

Dalam aksi unjuk rasa tersebut, para jamaah mendesak Dinas Kebudayaan dan Pariwista (Disbudpar) Kabupaten Garut yang bertindak sebagai panitia penyelenggara, untuk segera menutup pameran yang telah digelar sejak 22 Februari (2017) .

Disamping itu, masa juga menuding pemerintah menyelenggarakan pameran ini tanpa adanya rekomendasi dari pengurus Dewan Keluarga Masjid (DKM) Masjid Agung Garut.

Sementara itu, saat dikonfirmasi terkait tudingan periizinan dari pihak pengelola Masjid Agung, Disbudpar Kabupaten Garut, selaku panitia pameran, enggan dimintai keterangan.

Meski pemerintah akan segera menutup pameran ini, namun dari pantauan Tim GE hingga Jumat sore (24/02/2017) aktivitas di dalam pameran masih terus berlangsung. Bahkan pengunjung tampak semakin banyak mendatangi areal pameran. (Tim GE)***

Editor: Kang Cep.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI