Dinilai Kerap Melakukan “Kebohongan Publik” AMPG Nyatakan Mosi Tidak Percaya Terhadap Bupati Garut

TARKID, (GE).- Ratusan warga Garut yang tergabung ke dalam Aliansi Masyarakat Garut (AMPG), melakukan aksi unjukrasa di halaman DPRD Garut. Mereka menyampaikan mosi tidak percaya terhadap kepemimpinan Bupati Garut, Rudy Gunawan.

Koordinator aksi AMPG, Iwan Katox, mengatakan telah banyak kebohongan yang dilakukan Rudy terutama pemenuhan janji kampanye saat dirinya mencalonkan diri. Saat itu Rudy tebar pesona dengan menjanjikan berbagai program yang sampai saat ini belum terealisasi.

Baru-baru ini, kata Iwan, kebohongan Rudy terbukti setelah melakukan bantahan terkait korban jiwa di Pasar Wanaraja. Hal tersebut menjadi bukti sahih kalau Bupati kerap melakukan kebohongan publik.

Oleh sebab itu, AMPG menyatakan sikap tidak percaya terhadap Rudy Gunawan. Selain itu, AMPG mendesak agar DPRD Garut segera membentuk Pansus “kebohongan publik” yang telah dilakukan Rudy Gunawan.

Iwan mengatakan, Rudy telah melanggar Undang-undang Republik Indonesia nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik. Pasal 55, setiap orang yang sengaja membuat informasi publik yang tidak benar atau menyesatkan dan mengakibatkan kerugian bagi orang lain dipidana dengan penjara paling lama 1 (satu) tahun dan atau denda paling banyak Rp 5 juta. (Farhan SN)***