Dinas Pertanian: Garut Surplus Beras, Sebagian Besar Hasil Panen Didistribusikan ke Luar Daerah

Ilustrasi beras. ISTIMEWA.

GARUT, (GE).- Dinas Pertanian Kabupaten Garut, menyatakan beras yang diproduksi dari petani Garut saat ini surplus. Dengan melimpahnya beras di Garut, sehingga sebagian besarnya didistribusikan untuk memasok kebutuhan pasar luar daerah seperti Bandung, Jakarta dan kota besar sekitarnya.

“Sebagian besar beras kita distribusikan ke luar kota, karena kita surplus,” kata Plt Kadis Pertanian Kabupaten Garut, Beni Yoga, usai sidak di Pasar Guntur Ciawitali, Garut, Rabu (02/24/18).

Dijelaskannya, produksi beras di Garut mencapai 117 ribu ton dari hasil panen April, Mei dan panen yang akan datang Juni 2018. Sementara untuk kebutuhan Garut hanya 28.287 ton per bulan. Dengan angka panen itu, terjadi surplus.


“Pada April, Mei, Juni posisi stok beras 117 ribu ton. Kebutuhan per bulan di Garut 28.287 ton, stok ini bisa cukup lima bulan ke depan,” katanya.

Menurutnya, beras berbagai jenis dan kualitas itu sudah cukup memenuhi kebutuhan pangan beras masyarakat Garut, sehingga sisanya yang melimpah itu didistribusikan ke luar daerah. “Beras Garut itu ada yang (didisytribusikan) ke Bandung, ada juga ke Cipinang, Jakarta,” tukasnya. (Tim GE)***

Editor: Kang Cep.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI