Diguyur Hujan Sepanjang Hari, Jalan Garut-Pameungpeuk Amblas

Garut, (GE).- Hujan yang terus mengguyur Kabupaten Garut, Jawa Barat mengakibatkan jalan utama ke Garut Selatan amblas di Kecamatan Cisompet. Arus kendaraan sempat dialihkan memutar ke Kecamatan Bungbulang.

Namun berkat kesigapan warga setempat bersama anggota Koramil dan Polsek yang bahu membahu membuat jembatan darurat dari bilahan kayu akhirnya jalan utama ke Garut Selatan sudah bisa dilalui kendaraan.


“Hujan deras sejak kemarin mengguyur hampir seluruh kawasan Garut. Tepatnya di Kampung Cipicung, Desa Depok, Kecamatan Cisompet, jalan amblas. Sehingga tak bisa dilalui kendaraan,” ucap Dandim 0611 Garut, Letkol INF Asyraf Azis┬áSelasa (4/12/18).

Dandim menjelaskan, amblasnya jalan utama ke Garut Selatan itu terjadi sejak pukul 07.00 WIB. Amblasnya jalan terjadi di dua lajur “lajur kiri dan lajur kanan”. Sehingga kendaraan sulit untuk melintas.

Namun berkat kesigapan semua pihak, kata Dandim, berhasil membuat jembatan sementara dengan menggunakan material Sirtu dan balok kayu. Kini jalan Garut-Pameungpeuk sudah bisa dilalui secara bergantian dari satu arah.

“Tadi kendaraan dari arah Garut ke Garut Selatan sempat dialihkan via Bungbulang. Tapi sekarang sudah bisa dilalui karena masyarakat, anggota Koramil dan anggota Polsek sudah membuat jembata darurat menggunakan balok kayu,” kata Dandim.

Ia mengimbau kepada warga yang akan berangkat ke Garut Selatan yang menggunakan jalan ke Cisompet agar ekstra hati-hati. Pasalnya, di sejumlah titik jalan masih rawan longsong dan jalan amblas.

“Bagi yang mau ke Garut Selatan atau sebaliknya mesti hati-hati. Curah hujan masih tinggi. Potensi longsor dan jalan amblas masih tinggi di Garut Selatan,” ucapnya.

Dandim menyarankan, untuk sementara waktu perjalanan ke Garut Selatan atau sebaliknya lebih baik berputar arah ke Kecamatan Bungbulang. Pasalnya jembatan sementara yang dibuat dari kayu tak akan mampu dilalui banyak kendaraan.

Selain itu, tambah Dandim, truk pengangkut barang untuk sementara waktu tidak bisa melewati jalur Cisompet. Pasalnya jembatan kayu tak akan kuat menahan beban terlalu berat. (Farhan SN)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI