Diguyur Hujan Deras, Longsor di Kawasan Batu Tumpang Sempat Menutupi Sepertiga Jalan

CIKAJANG,(GE).- Intensitas hujan tinggi yang mengguyur wilayah Garut dan sekitarnya sempat mengakibatkan genagan banjir di beberapa titik kota Garut. Selain itu, tingginya curah hujan ini mengakibatkan terjadinya longsor di kawasan Cikajang, Sabtu (10/09/2016)

Akibat derasnya hujan ini, tebing setinggi 5 meter di perbukitan Batu Tumpang, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Jawa Barat mengalami longsor. Longsoran juga menjatuhkan bongkahan batu berukuran besar dan sempat menutupi sepertiga jalan raya yang menuju kawasan selatan Garut.

Pascakejadian sejumlah petugas dari Dinas Binamarga Provinsi Jawa Barat, berupaya mengevakuasi material longsor dengan cara manual.

Akibat kejadian ini, kendaraan yang melintasi jalan Batu Tumpang harus harus memperlambat laju kendaraannya. Material longsor yang menutupi ruas jalan di kilometer 98, 750 Jalan raya Cikajang – pamengpeuk. Dalam kejadian ini beruntung tidak sampai menelan korban jiwa.

Pihak BPBD Kabupaten Garut, memastikan, akibat kejadian ini tidak berdampak luas. “Kita pastikan, akibat longsor ini tidak berdampak luas, kita bisa tangani segera,” tutur Rakhmat yang merupakan Kabid Darlog BPBD Kabupaten Garut, saat meninjau ke lokasi kejadian, Sabtu (10/09/2016).

Sementara itu, pihak BPBD dan Dinas Binamarga Provinsi Jawa Barat, menghimbau kepada setiap pengguna jalan yang hendak menuju wilayah Garut Selatan untuk ekstra waspada. Seperti diketahui, sebagian besar jalan jalur wilayah selatan Garut memang rawan longsor, terlebih di saat musim hujan. (Hakim AG) ***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI

Komentar

BAGIKAN