Didominasi Lulusan SMA, Jumlah Pencari Kerja Asal Garut Capai Belasan Ribu

GARUT, (GE).- Dalam rentang bulan Januari hingga Agustus 2017, jumlah pencari kerja asal Garut cukup tinggi. Menurut Kasi Penempatan Kerja pada Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Garut Arif Rahman,  hingga akhir Agustus 2017 tercatat sudah 18 ribu lebih warga Garut yang mengajukan permohonan kartu kuning.

Menurut Arif Rahman, rata rata pencari kerja didominasi lulusan SMA sederajat.  Para pencari kerja banyak yang mencari peluang kerja di sektor imformal seperti industri di beberapa negara industri seperti Korea Selatan.

“ Ya, mayoritas lulusan SMA sederajat. Korea Selatan menjadi salah satu tujuan favorit pencari kerja usia muda asal Garut untuk sektor informal,” katanya, Jumat (15/9/17).


Dijelaskannya, pada tahun 2017 ini, jumlah pencari kerja ke luar negri mengalami peningkatan mencapai 200 orang, tahun sebelumnya  (2016) hanya 105  orang  pencari kerja. Sementara untuk pencari kerja non informal, semisal pembantu rumah tangga tujuan timur tengah, hingga saat ini masih dimoartorium untuk sementara oleh pemerintah sejak tahun 2015.

“ Sehingga tidak ada pencari kerja yang melakukan permohonan ajuan persyaratan kartu kunung untuk tujuan timur tengah,” tukasnya. (Tim GE)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI