Dibonceng Satgassus PGRI, Bupati Garut Berziarah ke Makam Pejuang 45

BANYURESMI, (GE). – Momentum HUT RI memberikan kehormatan bagi masyarakat di Kp. Kandanghaur Desa Banyuresmi Garut. Kampung yang letaknya agak terpencil dan hanya bisa dilewati kendaraan roda dua tersebut mendapat kehormatan dengan hadirnya Bupati Garut H. Rudy Gunawan, Kamis (18/08/ 2016), yang berkunjung dalam rangka Pencanangan Bambu Runcing Merah Putih diatas makan pejuang 45, Kapten (purn) Momod Djudju (alm). Untuk mencapai lokasi pemakaman, Bupati Garut beserta rombongan harus berjalan kaki melintasi jalan setapak menanjak sepanjang sekitar 300 meter.

Upacara pencanangan bambu runcing merah putih diikuti oleh berbagai lapisan masyarakat yang terdiri dari siswa SMAN 25 Garut, pengurus DCH 45 Kabupaten Garut, PGRI Kecamatan Banyuresmi, Pemuda Panca Marga dan pemerintahan desa beserta masyarakat setempat yang merupakan keluarga besar almarhum Momod Djudju. Tampak hadir pula Dandim 0611 Kabupaten Garut beserta Danramil Kecamatan Banyuresmi dan Danramil Kecamatan Leuwigoong beserta Kapolsek Banyuresmi.

Dalam sambutannya, Bupati Garut yang juga Ketua DHC 45 Kabupaten Garut menyampaikan bahwa sikap patriotisme almarhum ketika merebut dan mempertahankan kemerdekaan RI harus dapat ditauladani bersama sebagai spirit perjuangan dalam mengisi kemerdekaan saat ini.

Usai pelaksanaan upacara pencanangan bambu runcing merah putih, Bupati beserta Dandim 0611 dan Camat Banyuresmi menyempatkan diri berkunjung kerumah masyarakat untuk berbaur dengan masyarakat. Sekitar satu jam Bupati berbincang dengan masyarakat dan tokoh-tokoh agama kecamatan Banyuresmi.

Sepanjang kunjungan Bupati Garut, ada nuansa berbeda dengan hadirnya para guru yang terlihat gagah dengan seragam hitam-hitam bertuliskan SATGASSUS. Mereka tampak sigap dari sejak berada diujung jalan setapak berbaur dengan petugas kepolisian, koramil, dishub dan polisi pamong praja mengatur lalu lintas hingga dilokasi upacara.

Selain Satgassus juga hadir para pengurus PGRI Banyuresmi berseragam khas batik PGRI. Bupati Garut bahkan tampak tidak canggung dengan kehadiran Satgassus PGRI tersebut. Ketika pulang menuju mobil dinas yang berjarak sekitar dua kilometer, Bupati pun memilih dibonceng motor yang dikendarai oleh Komandan Satgassus sambil berbincang sepanjang perjalanan.

“PGRI Banyuresmi memang saya nilai paling bagus, pengelolaan manajerial organisasi nya terlihat rapih, pengurusnya solid dan kompak. Serta terlihat akrab dengan jajaran Muspika.

Beberapa kali acara kedinasan di kecamatan Banyuresmi, Ketua PGRI Banyuresmi selalu berpartisipasi aktif, bahkan dengan Satuan Tugas Khususnya sigap dan sepertinya sudah terlatih. Saya rasa mungkin baru PGRI Banyuresmi yang memiliki Satgassus. Saya secara pribadi sangat apresiasi dengan kreatifitas yang dimiliki PGRI Banyuresmi, semoga dapat menjadi corong bagi kemajuan PGRI dikecamatan lainnya”, demikian dikatakan Rudy Gunawan ketika diminta komentarnya oleh media. (Tim GE)***