Diam-diam Pengelolaan Objek Wisata Cipanas Diberikan kepada Pihak Swasta

GARUT, (GE).- Pengelolaan objek wisata Cipanas Indah, kini sudah tak dikelola Pemerintah Kabupaten Garut lagi. Secara mengejutkan, Bupati Garut, Rudy Gunawan, menyerahkan pengelolaannya kepada pihak swasta.
Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan objek wisata Cipanas Indah yang dikelola oleh Pemkab Garut dinilai sudah tidak memiliki nilai jual. Terutama dari aspek fasilitasnya, seperti kamar hotel  dan menurunnya kadar sumber air panasnya.
“Kalau kita lihat, CI itu sudah tak memiliki daya saing. Tiap tahun Pemkab Garut harus menyediakan dana untuk menambal defisit pengelolaan,” kata Rudy Gunawan, Minggu (4/11/2018).
Oleh karena itu, kata Rudy, untuk kelangsungan aktivitas hotel Cipanas Indah khususnya aspek pengelolaannya maka diserahkan ke investor lokal melalui proses lelang. Dengan harapan, cara ini bisa meningkatkan kembali daya saing CI dalam pengelolaan objek wisata dan penginapan.
Bupati membeberkan, pengelolaan CI oleh dinas pariwisata selalu mengalami kerugian. Tiap tahunnya, CI mengalami defisit Rp 300 juta.
Berbanding terbalik dengan kondisi saat ini setelah dikelola oleh pihak swasta. Kini Pemkab Garut mendapatkan kontribusi pemasukan dari nilai kontrak sebesar Rp 300 juta tiap tahunnya.
Bupati menandaskan, saat ini pengelolaan CI ditangani oleh CV Wulandari. Jadi kata dia, semua pegawainya sudah menjadi tanggungan perusahaan tersebut.
“Lebih baik beginilah. Daripada kita rugi terus,” pungkasnya. (MHI)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI