Dengan Sepeda Ontel Taklukkan Puncak Cakrabuana

MALANGBONG,(GE),- Terinspirasi pendaki gunung berkaki tunggal asal Kota Solo, Sabar Gorky, sejumlah anggota Komunitas Sepeda ontel Indonesia asal Kota Kendal dan Kota Solo Jawa Tengah yang dimotori Rony (39) dan Agus (37) bertekad untuk melakukan pendakian serupa dengan Sabar gorky.Bedanya kedua pemuda asal Jawa Tengah ini melakukannya dengan lebih ekstrim, yakni dengan menggunakan sepeda ontel.

Roni mengatakan, pendakian puncak Gunung Cakrabuana yang memiliki ketinggian 1700 Meter diatas permukaan laut (Mdpl) ini merupakan misi penaklukan puncak gunung untuk yang ke 40 kalinya.Rupanya, nama Gunung Cakrabuana telah membuatnya penasaran untuk menaklukan gunung eksotik nan angker ini.
“Gunung ini memiliki nama yang unik, dan sedikit berbau mitos sehingga membuat kita penasaran. Memang belum banyak tercatat para pendaki gunung nasional yang melirik puncak gunung Cakrabuana ini. Akan tetapi bagi saya sebagai komunitas sepeda ontel Indonesia, nama Cakrabuana memiliki arti tersendiri”. Ujar Rony ketika ditemui di camp pendaki Gunung Cakrabuana asal Malangbong, Agung, Kampung Pangkalan, Desa Cisitu, Kecamatan Malangbong, (20/11/2015).

Rony mengaku, diwilayah Sumatra, ia telah menaklukan beberapa puncak gunung, seperti Gunung Loser di Aceh, Gunung Kerinci di Jambi, Gunung Tambora, dan Rinjani untuk wilayah Timur. Di wilayah Jawa Barat sendiri, diakuinya, Kabupaten Garut termasuk gunung yang paling banyak ditaklukan. Hanya Gunung Haruman yang luput dari target dakiannya.

“Keasrian Gunung Cakrabuana sangat memikat, serta memiliki phenomena alam yang luar biasa.Di puncak Gunung Cakrabuana ini, kita bisa memandang hamparan 4 batas Kabupaten, yaitu, Kabupaten Sumedang ,Kabupaten Majalengka, Kabupaten Tasikmalaya serta Kabupaten Garut di wilayah Barat,” ungkapnya.

Dikatakannya, bila di kelola dengan baik, Gunung Cakrabuana ini dapat dijadikan sebagai destinasi wisata alam yang luar biasa. Flora dan pauna di Cakrabuana masih terjaga. Terutama tanaman Anggreknya yang khas.
“Kelestraian alam Gunung Cakrabuana perlu dipelihara dean dijaga.Gunung Cakrabuana memiliki hutan yang indah. Dan yang terpenting habitat alam tetap harus dijaga jangan sampai para pengunjung merusak Alam.Bila Pemerintah Garut mau melirik potensi alam di Utara, Gunung Cakrabuana memiliki kekhasan tersendiri.(TAF. DK)***