Deklarasikan Hari Lasminingrat, Ratusan Orang Berkumpul di SDN Regol 7-10

GARUT, (GE).- Sebagai bentuk dukungan untuk mengusung Raden Ajoe (RA) Lasminingrat menjadi pahlawan anasional, ratusan orang berkumpul di kompleks SDN Regol 7- 10, Kelurahan Regol, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Senin (10/4/2017). Pada tanggal tersebut, tepat pada 10 April, merupakan hari wafatnya RA Lasminingrat.

Selain dukungan moril, sejumlah elemen masyarakat ini juga medeklarasikan tanggal 10 April sebagai Hari Lasminingrat.  Sejumlah seniman pada hari yang sama juga menggelar lukisan wajah Lasminingrat. Pada hari itu juga tampak Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar memberikan dukungannya, bakan Wakug menyempatkan melihat bukti peninggalan tersebut.

Ketua Tim pengusung gelar pahlawan RA Lasminingrat, Rani Permata Dicky Chandra, menyebutkan sedikitnya ada empat poin pentiing yang disampaikan di hari peringatan wafatnya RA Lasminingrat. Diharapkannya ada dukungan dari semua pihak agar perjuangan RA Lasminingrat bisa dihargai.

“Kami berharap setiap 10 April ditetapkan menjadi Hari Lasminingrat. Penetapan itu diharapkan bisa menghormati jejak perjuangan beliau,” kata istri Dicky Chandra ini kepada sejumlah awak media, Senin (10/4/2017).

Dijelaskannya, kegiatan tersebut merupakan bentuk deklarasi pengusungan kembali RA Lasminingrat menjadi pahlawan nasional. Pada 2010, pihaknya sudah melakukan pengajuan namun belum membuahkan hasil.

“Kami juga ingin agar SDN Regol 7 dan 10 yang dibangun Lasminingrat didaftarkan menjadi benda cagar budaya. Saya juga berharap bisa terdapat Jalan RA Lasminingrat di Kabupaten Garut. Kita akan berupaya agar RA Lasminingrat yang wafat di tahun 1948 bisa menjadi pahlawan nasional,” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy mizwar,memberikan dukungan agar tim pengusung gelar pahlawan RA Lasminingrat. Wagub berharap ada upaya mencari dan menggali lebih dalam lagi terkait data atau kelengkapan dokumen tentang asal usul Lasminingrat.

“Dengan begitu, penemuan data-data kelengkapan baik yang di dalam dan di luar negeri  tersebut bisa memuluskan RA Lasminingrat menjadi pahlawan nasional. Nantinya dokumen itu diajukan ke pihak kementerian, ” kata Deddy. (Tim GE)***

Editor : Kang Cep.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *