Dekatkan TNI dengan Warga, Korem 062 Tarumanagara Santap Nasi “Liwet” Bersama Warga Priangan

GARUT, (GE).- Bertempat di Lapangan Merdeka Kherkof, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat, ratusan personil TNI dari kesatuan Korem 062 Tarumanagara, gelar peringatan Hari Juang Kartika (HJK) tahun 2016. Selain unsur TNI yang berada di Kabupaten Garut, tutur hadir pula Kodim yang berada diseluruh priangan timur berbaur bersama menikmati hidangan nasi liwet ala TNI.

Berbagai rangkaian kegiatan mewarnai Hari Juang Kartika. Namun yang lebih menarik seluruh unsur TNI berbaur dengan masyarkat menyantap nasi liwet yang beralaskan daun pisang. Sedikitnya 2000 peserta mengikuti santap nasi liwet terbanyak di Indonesia.

Danrem 062 Tarumanagara, Kolonel Inf. Joko Hadi Susilo, mengatakan, kegiatan makan liwet bersama rakyat merupakan salah satu pilosofi kuat TNI, apabila berbaur dengan masyarakat.


“Ini bukti nyata kalau TNI bersinergi dengan rakyat, dengan cara makan nasi liwet tidak ada perbedaan sama sekali,” ungkapnya, Kamis (15/12/2016) pada wartawan usai menyantap nasi liwet.

Dikatakannya, makan nasi liwet yang dibuat oleh TNI sendiri sudah dipersiapkan satu hari sebelum pelaksanaan. Yang mana TNI juga menunjukan kalau kemampuannya bukan saja memegang senjata tetapi keahlian memasak juga dimiliki oleh TNI.

Sementara salah satu warga, Imas (37) warga asal Kecamatan Tarogong Kidul, mengatakan, kegiatan santap nasi liwet terbanyak ini baru pertama kali diselenggarakan di Kabupaten Garut. Bahkan tidak ada sekat sama sekali antara aparat dengan rakyat.

“Kami baru bisa berbaur dengan aparat TNI, selama ini banyak masyarakat yang enggan untuk bisa dekat dengan TNI, karena ada perbedaan dari seragam,” katanya.

Dirinya juga berharap, kalau momen Hari Juang Kartika ini merupakan momen bersatunya TNI dengan rakyat. ” Ternyata TNI juga memiliki perasaan sama dengan rakyat, hanya saja yang membedakan seragamnya saja,” singkatnya. (Memphis)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI