Dedi Hasan Nyatakan Siap Bertarung di Pilkada Garut 2018

TARKAL, (GE).-  Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi PDIP, Dedi Hasan Bahtiar menyatakan siap untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Garut 2018 mendatang jika memang direkomendasikan oleh partainya. Demikian, Dedi Hasan, menanggapi wacana yang dilontarkan salah satu kader senior PDIP Garut sebagaimana dilansir beberapa media beberapa hari terakhir, yang akan membidik dirinya untuk dijagokan dalam Pilkada mendatang.

“Sebagai kader partai, jika memang direkomendasikan oleh partai untuk maju ke pilkada, Insya Alloh saya siap. Jika itu nantinya terjadi, artinya itu merupakan tugas partai yang harus kami laksanakan  dan kami sukseskan. Ini wajib,” ujar Hasan kepada wartawan, di salah satu rumah makan di bilangan Tarogong Kaler, Minggu, (1/5).

Menurut Hasan, sebagai partai, tujuannya adalah untuk memenangkan kekuasaan melalui jalur konstitusional. Jadi, kata Hasan, wajar jika PDIP berusaha untuk menang dalam kontestasi politik, dan memperjuangkan kadernya agar bisa duduk di legislatif, eksekutif maupun lembaga lainnya.

“Namanya juga partai politik, salah satu tujuan utamanya adalah untuk bisa merebut kekuasaan dengan cara konstitusional, untuk selanjutnya didistribusikan kekuasaan tersebut bagi peningkatan kesejahteraan rakyat sesuai platform partai. Demikian juga PDIP, juga harus seperti itu. Jadi buat saya, ya harus siap, untuk memperjuangkan amanat partai, apapun bentuknya,” imbuh mantan anggota DPRD Garut dua periode, 2004-2014 ini.

Hasan mengakui, Pilkada Garut memang relatif masih cukup lama, namun bukan berarti pernyataan ini terlalu dini. Hal itu, kata dia, karena justru dengan wacana yang dibangun cukup lama nantinya akan lebih leluasa melakukan langkah langkah untuk soliditas di internal partai. “Saya kira tak ada istilah terlalu dini, pembinaan justru harus dilakukan jauh jauh hari,” ungkapnya.

Ditanya apa yang akan dilakukan dengan dimunculkan namanya dalam wacana bursa calon dalam Pilkada mendatang, Hasan menyatakan akan terus melakukan komunikasi dengan semua elemen, baik di internal maupun kekuatan kekuatan di luar partai. Dan itu bukan semata mata untuk kepentingan pemilu atau pilkada saja, tapi memang merupakan kewajiban untuk membesarkan partai.

“Saya akan terus berkomunikasi dan konsolidasi dengan pihak pihak strategis, baik internal maupun eksternal partai. Dan yang tak kalah penting, walaupun secara individu para fungsionaris partai telah menyebut nyebut nama saya dianggap layak direkomendasi oleh partai, saya berterima kasih. Tapi proses untuk itu masih sangat panjang,” katanya.

Sebelumnya, sempat diberitaka n, pernyataan Bendahara DPC PDIP Garut, Dikdik Darmika dan Sekretaris yang juga Ketua Fraksi PDIP DPRD Garut, yang menyebutkan Dedi Hasan adalah figur yang kelak layak diusung oleh partai dalam Pilkada Garut 2018 mendatang. “Dilihat dari track rekor politiknya, Dedi Hasan, saya kira layak untuk direkomendasikan,” kata Dikdik. (Slamet Timur).***