Deal ! Batu Akik Berbentuk Garuda Asal Garut Ditukar Satu Unit Mobil Honda Seri Terbaru

Pemilik Paguyuban RJK Garut, Nurseno S.P Utomo, saat prosesi barter batu akik berbentuk patung garuda dengan 1 unit mobil Honda Mobilio seri terbaru milik “Mbahe,” Kamis (21/04/2016) di Jakarta./ Anggana Wisesa/’GE’

PAMOR batu akik Garut ternyata belum habis. Hal ini dibuktikan dengan kreativitas Paguyuban Rumaos Janten Kawula (RJK), paguyuban pehobi barang antik ini mendesain batu akik yang biasanya hanya dibuat cincin atau liontin. Di tangan ahli paguyuban RJK batu akik berbagai jenis ini dibuat berbeda dengan bentuk bentuk unik, semisal bentuk naga, kuda, kura-kura, ayam, dan masih banyak lagi.

Dengan kreativitas tersebut ternyata lebih menarik perhatian banyak orang. Patung garuda yang terbuat dari batu akik jenis jamrud kalimaya Garut yang berbobot 9 kg misalnya, belakangan membuat salah seorang pehoby burung kicau asal Jakarta kepincut.

Menurut “raja burung kicau mania” yang akrab disapa Mbahe IBF ini, batu akik dari Garut berbentuk garuda ini sangat menarik dan unik. Ketertarikan Mbahe ini berawal ketiak melihat ‘penampakannya’ di media sosial.

“Mungkin karena saya menyukai burung kicau, saya langsung jatuh hati pada batu yang berbentuk burung garuda ini. Saya yakin dengan memiliki patung tersebut akan membawa hoki tersendiri bagi kehidupan saya, apa lagi ini batu Garut yang memiliki energi positif. Saya yakin batu ini bisa menambah keberuntungan.” Ungkapnya.

Ketertarikan “Mbahe” ini tidak main-main. Karena sudah jatuh cinta dengan batu akik ini, ia pun tak sungkan membarter batu akik ini dengan dengan 1 unit mobil Honda Mobilio seri terbaru tahun 2016 miliknya.

Prosesi transaksi langka ini dilakukan di rumahnya Mbahe di bilangan Pasar Cipete, Kelurahan Cipete Utara, Kecamatan Kebayoran, Jakarta Selatan. Kamis (21/04/ 2016).

Pemilik Paguyuban RJK Garut, Nurseno S.P Utomo mengakui, bahwa Mbahe IBF tertarik dengan batu miliknya, dan berani menukar batu tersebut dengan mobil miliknya.

“Saya senang ada orang yang menyukai karya saya. Ternyata sebuah karya itu tidak bisa dinilai dengan uang, terbukti batu Garut bisa ditukar dengan mobil. Saya juga meyakini bahwa batu Garut itu mengandung energi positif yang bisa membawa keberuntungan,”tandasnya.

Hingga saat ini, Panguyuban RJK terus berkarya membuat beraneka ragam patung dari batu akik yang berbeda jenis. Tercatat, berbagai jenis batu akik asal Garut hasil karya RJK hingga saat sedikitnya sudah dibuat 45 jenis patung.

“Saya berharap, batu akik Garut akan terus menjadi daya tarik tersendiri dan lebih diminati dunia. Disini perlu dicatat, pahat batu itu merupakan budaya dan karya leluhur yang patut dilestarikan,” pungkas Nurseno. (Awis)***