Dari Bungbulang, Pemuda ini Jadi Sarjana Tercepat dengan Predikat Cumlaude di Yogyakarta

YOGYAKARTA,(GE).- Menjadi sarjana, bisa jadi impian setiap pelajar dan dambaan setiap orang tua, tentunya. Untuk bisa mengenyam pendidikan tinggi pada masa sekarang bagi sebagian orang mungkin beranggapan “berat di ongkos,” terlebih untuk bisa mencicipi pendidikan di perguruan tinggi ‘elite’ dan terkemuka.

Namun anggapan itu tidak sepenuhnya benar, karena tak sedikit anak bangsa dengan segala keterbatasan ekonominya justeru bisa sukses mengenyam pendidikan tinggi dengan raihan prestasi yang mengagumkan pula.

Adalah Aly Akbar (22) pemuda asal selatan Garut, tepatnya dari Desa Sinarjaya, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Dengan segala kesederhanaanya, ia berhasil meraih gelar Sarjana Ekonomi Islam (SEI) di Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Hamfara Yogyakarta. (19/12/2015)

Dengan kegigihan belajarnya yang tinggi, ia berhasil mengoptimalkan kecerdasannya. Buah dari kesungguhannya dalam belajar, akhirnya Aly bisa memetik hasilnya. Selama kuliah Aly diganjar beasiswa pendidikan full dari Yayasan Hamfara yang meliputi biaya SPP, registrasi SKS dan lain-lain.

Beasiswa tersebut tentunya memberikan motivasi lebih bagi alumni SMKN 4 Garut yang bercita-cita ingin menjadi pengusaha ini. Di akhir masa perkuliahan, bahkan Aly bisa menyelesaikan kuliahnya lebih cepat dari rekan-rekannya sesama mahasiswa STIE Hamfara. Luar biasanya lagi, dirinya tercatat menjadi lulusan tercepat sepanjang sejarah STEI Hamfara Yogyakarta berdiri.

Untuk meraih gelar Sarjananya, ia hanya membutuhkan waktu 3,1 tahun saja, dimana program sarjana normalnya biasa diselesaikan 4 tahun. Selain bisa lulus dengan cepat, Aly juga meraih predikat Cumlaude dengan IPK 3,55.

Alhamdulillah ini adalah karunia dari Allah SWT, saya bisa lulus cepat dengan predikat Cumlaude ini tidak lain adalah kuasa Allah, doa orang tua, kerja keras dan dukungan dari teman-teman dosen dan pihak lainnya. Semoga ilmu yang saya dapatkan bermanfaat bagi diri sendiri masyarakat Garut dan Agama, tentunya. Saya berharap, adik-adik dari Garut memilih STEI Hamfara sebagai tempat kuliah. STEI Hamfara adalah kampus unik yang luar biasa, dipadukan dengan pesantren dan banyak beasiswa dengan kualitas akademik yang bagus, meraih banyak prestasi serta memiliki mahasiswa dari seluruh Indonesia bahkan dari Palestina dan Vietnam. Sukses selalu buat STEI Hamfara.” Ungkap, putra dari pasangan Adang Hasbullah dan Rosita ini.

Sementara itu, Rektor STEI Hamfara, Ir. H. M Ismail Yusanto MM., tentunya bangga dengan torehan pretasi yang diraih anak didiknya ini. “Subhanallah ! Ia bisa menyelesaikan kuliah dengan cepat, Cumluade lagi. Semoga kesuksesan Aly ini bisa menjadi motivasi bagi pelajar Garut lainnya,” tandasnya.

Ir. H. Sugeng Nugroho Hadi MM yang merupakan salah seorang dosen pembimbing, menyebut, Aly merupakan mahasiswa yang progresif. “ Subhanallah! Aly Akbar itu geraknya memang sangat cepat. Untuk menyelesaikan skripsinya, ia hanya butuh waktu 2 minggu saja. Boleh juga dikatakan progresif, dan saya kira Aly layak jadi motivator pelajar dan pemuda di Garut,” ungkapnya. (ER)***