Dana Sertifikasi di Garut Belum Cair, Pemkab Garut Bisa Terkena Sanksi

GARUT, (GE).- Sejumlah guru di Garut berharap-harap cemas menunggu pencairan dana sertifikasi di akhir tahun 2016. Pasalnya, mereka biasa menerima pencairan sertifikasi pada awal bulan Desember di setiap anggaran akhir tahun.

“Saya dengar dananya sudah ada di kas daerah. Tapi entah kenapa untuk masih belum juga dicairkan,” ujar Ai Lina salah seorang guru SMP di Limbangan, Garut, Jumat (16/12/2016).

Ia berharap pemerintah daerah segera mencairkan dana sertifikasi. Menurutnya Pemkab tak ada hak untuk menahan dana sertifikasi yang seharusnya sudah dicairkan.


Guru lainnya, Ahmad, mengaku biasanya ia menerima dana sertifikasi di awal Bulan Desember untuk pencairan di akhir tahun. Namun sampai sekarang, dana sertifikasi tersebut masih belum cair.

Padahal, menurut Ahmad, dana tersebut sangat dibutuhkannya untuk menutupi berbagai kebutuhan hidupnya.

“Ya namanya juga manusia pasti banyak kebutuhan. Tadinya dana itu akan saya manfaatkan untuk penuhi kebutuhan yang sudah direncanakan,” katanya.

Sementara itu, Ketua APSI Garut, Sony MS, mendesak kepada Dinas Pendidikan dan DPPKA Kabupaten Garut agar segera mencairkan dana sertifikasi para guru. Menurutnya, dana sertifikasi harus segera dicairkan mengingat Tahun Anggaran 2016 akan segera berakhir.

“Kalau sertifikasi dicairkan di Tahun 2017 tentunya ini pelanggara. Bahkan pemerintah pusat bisa memberikan sanksi lagi berupa penundaan DAU,” ungkap Sony.

Ia berharap, jangan sampai pemerintah pusat memberikan sanksi yang ke dua terkait rendahnya penyerapan anggaran. Menurutnya, kalau bisa segera dicairkan kenapa harus ditunda-tunda. (Farhan SN)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI