Dana Pilkades Serentak Gelombang Dua Mencapai Rp 2,425 Miliar

KEPALA DPMD Kabpaten Garut, Drs. H. Jajat Darajat, M.Si.***

GARUT, (GE).- Sebanyak 80 desa dari 28 kecamatan di Kabupaten Garut akan melaksanakan pemilihan kepala desa (pilkades) secara serentak. Pilkades serentak ini merupakan gelombang kedua, setelah tahun 2015 lalu Kabupaten Garut sukses melaksanakan pilkades serentak tahap kesatu yang melibatkan 214 desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Garut, Drs. H. Jajat Darajat, M.Si, mengatakan, anggaran pilkades serentak gelombang kedua mengalami kenaikan. Pada tahap pertama, pemerintah Kabupaten menetapkan biaya senilai Rp 5.000 per satu suara. Sedangkan pada tahap kedua naik menjadi Rp 7.000.- per satu suara. Jumlah total biaya keseluruhan yang bersumber dari APBD itu, mencapai Rp 2,425 miliar.

“Dana tersebut nantinya akan diberikan kepada panitia pilkades tingkat desa, untuk memenuhi semua keperluan selama pemilihan berlangsung,” terang Jajat, Kamis (20/4/17).


Jajat menambahkan, dana pilkades serentak tahap dua ini akan diusahakan cair sebelum pemilihan berlangsung. Dengan begitu, panitia pilkades tidak perlu lagi mencari dana talang seperti yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.

“Saya berharap, semua unsur masyarakat Kabupaten Garut, mendukung penuh program pilkades serentak ini, agar di setiap tahapan hingga hari pencoblosan tanggal 22 mei 2017 nanti bisa berjalan lancar,” pungkasnya. (Useu G. Ramdani/GE)***

Editor : SMS

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI