Dampak Siklon Cempaka, Angin Kencang Tumbangkan Pohon Besar

Sebuah pohon cukup besar, tumbang diterjang angin kencang di kawasan Jalan Raya Samarang-Hampor, Garut, Kamis (30/11/17)/ foto: Tim GE.
***

GARUT, (GE).- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) baru baru ini menghimbau masyarakat mewaspadai dampak badai atau siklon Cempaka. Dalam beberapa hari ke depan diprediksi angin berkecepatan lebih dari 60 kilometer per jam akan berhembus dari selatan Pulau Jawa.

Dampak Siklon Cempaka ini mulai dirasakan warga Garut, selain para nelayan di pantai selatan Garut menghentikan melaut, di beberap wilayah Garut, hujan yang disertai angion kencang mulai memakan korban. Salah satu pohon berukuran cukup tumbang di kawasan Jalan Raya Samarang-Hampor, Kabupaten Garut. Akibatnya, arus lalu lintas di kalur tersebut sempat tersendat, Kamis (30/11/17).

Menurut Kepala Satlantas Polres Garut, AKP. Erik Bangun Prakasa, sejumlah anggotanya harus diterjunkan untuk menevakuasi pohon tumbang yang melintang di  jalan raya tersebut. “Anggota sudah di lapangan, proses evakuasi (pohon) juga sudah selesai,” tandasnya.


Akibatnya tumbangnya pohon tersebut, arus lalu lintas kendaraan dari arah kota Garut menuju Samarang maupun sebaliknya dialihkan ke jalur alternatif untuk menghindari kemacetan parah. Sebelumnya, puting beliung menerjang  beberapa wilayah Garut sejak Kamis (30/11/17) pagi. Beni, salah seorang warga setempat mengatakan, hembusan angin saat pagi cukup besar, tidak seperti biasanya.

“Anginnya cukup kencang, tidak seperti biasanya. Bahkan, terlihat gumpalan awan hitam  terbawa angin dari arah barat menuju timur menambah suasana mencekam saat itu,” ungkapnya. (Tim GE)***

Editor: Kang Cep.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI