Dampak Banjir Garut Selatan, Puluhan Rumah Rusak Lima Jembatan Terputus

GARSEL, (GE).- Pendataan kerusakan infrastruktur akibat banjir di wilayah Garut selatan (Garsel) pada Rabu (9/11/2016) lalu, terus dilakukan. Menurut Danramil Bungbulang, Kapten Infanteri. Agus Sobur sedikitnya ada 97 unit rumah warga rusak terdampak banjir.

“Ya, 97 unit rumah ini dihuni oleh 306 orang, kondisi rusaknya beragam,” tandasnya.
Dijelaskannya, kerusakan rumah yang terdampak banjir ini variatif, mulai dari sedang, hingga ringan pada sejumlah bagian. Tercatat dua unit rumah rusak berat, 24 unit rusak sedang, sementara sisanya 71 unit rusak ringan.

“Puluhan rumah yang rusak tersebut tersebar di beberapa kampung, diantaranya di Kampung Ciawitali dan Ciloa, Desa Margalaksana, Kampung Cibalubur dan Cibungur, Desa Cihikeu, Kampung Cikawung dan Cisarua, Desa Hanjuang, Kampung Ciroyom, Desa Mekarjaya, Kampung Sawah Ceuri, Desa Gunamekar, serta Kampung Pasantren, Desa Bungbulang.” Urainya.


Diungkapkannya, tim kecamatan telah mendata kembali jumlah jembatan yang rusak terdampak banjir, ternyata ada enam jembatan. Ke enam jembatan tersebut meliputi, Jembatan Palahan dengan ukuran panjang 8 meter lebar 4 meter, Jembatan Gantung Awibulu ukuran panjang 25 meter lebar 2 meter, Jembatan Cisarua ukuran panjang 15 meter lebar 4 meter, Jembatan Cihikeu ukuran panjang 20 meter lebar 4 meter, Jembatan Sampalan berukuran panjang 5 meter lebar 3 meter, dan Jembatan Cicaduk panjang 4 meter lebar 4 meter,” urainya.

Dari keenam jembatan ini, jelas Agus, hanya satu jembatan yang mengalami rusak sedang, yaitu Jembatan Cicaduk. Sementara lima jembatan lainnya terputus dan rusak akibat diterjang banjir.

Heri Hermawan, yang tak lain Camat Bungbulang, mengatakan, pihaknya masih menginventarisir dampak kerusakan akibat banjir ini. “Nilai materi kerugian masih dalam penghitungan, karena daerah yang terkena bencana tersebar bukan hanya di satu atau dua desa saja,” katanya.

Sementara itu, tercatat ada enam desa yang diterjang banjir akibat luapan sejumlah sungai di Kecamatan Bungbulang ini. Ke enam desa tersebut diantaranya Desa Mekarjaya, Margalaksana, Cihikeu, Hanjuang, Mekarbakti dan Gunamekar. (Tim GE)***

Editor: Kang Cep.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI