DAD Cair, Jalan Citomo- Garung Mulus Dirabat Beton

CISOMPET, (GE).- Warga masyarakat Kampung Citomo dan Kampung Garung, sumringah. Pasalnya akses jalan vital di kampung ini sekarang tidak lagi mengkhawatirkan. Sebelum dirabat beton, warga Citomo kerap kali dihantui perasaan takut ketika menggunakan kendaraan.

Berkat kerja Indra Firman yang merupakan Kepala Desa Panyindangan bersama jajarannya. Kini jalan sepanjang 1 Km sudah mulus diperbaiki dengan sistem rabat beton.

Indra Firman mengatakan, sebenarnya jalan tersebut merupakan jalan desa yang pengerasannya sudah lebih dulu dilaksanakan oleh para Kepala Desa terdahulu.

“Saya hanya meneruskan program kepaladesa sebelumnya. Meskipun itu program terdahulu,saya sebelumnya tetap bermusyawarah dengan para Ketua RT,RW dan para tokoh masyarakat serta tokoh pemuda. Setelah ada kesepakatan, baru program tersebut dilaksanakan.” Tutur Kades Panyindangan, belum lama ini.

Dijelaskannya, panjang jalan Citomo-Garung sepanjang 1050 meter dan lebar 2,5 meter ini dibanguan dengan anggaran sebesar Rp 401 juta lebih. Dana sebesar itu diperoleh dari Dana Anggaran Desa (DAD) tahun 2016.

“Kami dari pihak desa hanya menyediakan bahan berupa ,split/batu koral,semen dan pasir cor. Sedangkan untuk pengerjaannya dilaksanakan secara swadaya masyarakat dari kedua kampung tersebut secara bergiliran setiap hari.” Ungkapnya.

Kades Indra mengatakan,jalan sepanjang 1050 meter itu selesai dikerjakan dalam waktu 18 hari. Dalam proses pengerjaan setiap hari rata-rata 50 orang turut berpartisipasi.

“Kalau diuangkan, dari swadaya masyarakat ini untuk upah kerja saja menghabiskan dana sebesar Rp 67.500.000.-, selama 18 hari kerja. Maka total dana untuk rabat beton sepanjang 1050 meter dan lebar 2,5 meter itu menghabiskan dana sebesar Rp 468.500.000.-” jelasnya.

Indra Firman, kades yang akrab disapa Roni ini mengaku bangga dan puas atas kekompakan masyarakat dalam bergotong royong. Diharapkannya semua warga dapat memelihara jalan ini secara kontinyu. ( Iwan Setiawan ).***