“Curug Ngebul” Pesona Alam Garut Selatan yang Terlupakan

BELUM banyak yang tahu sepertinya tentang keberadaan ‘Curug Ngebul’ atau air terjun Ngebul. Memang keberadaan air terjun ini tersembunyi dibalik hutan di belakang Kampung Citilu yang secara terotorial masuk wilayah Kecamatan Banjarwangi, Garut.

Disamping itu, kawasan ini juga belum dikelola sebagai objek wisata. Meskipun demikian, pada zaman dahulunya Curug Ngebul ini sempat populer dan menjadi kunjungan objek wisata yang diminati masyarakat sekitar kampung Citilu dan masyarakat Cikajang.
Menurut Mang Odin, warag setempat, setiap liburan lebaran dan hari libur lainnya terutama hari Sabtu dan Minggu Curug ini tak pernah sepi pengunjung.

Kemudian kenapa air terjun tersebut dinamakan curug Ngebul? Hal tersebut dikarenakan apabila air terjun tersebut dilihat dari dasar, air terjun akan terlihat ‘ngebul’ (berkabut) seperti kepulan asap. Sayangnya, Curug Ngebul yang indah itu kini tampak sepi pengunjung.

Curug ini sekarang sudah tidak terawat lagi, jalannya pun sulit untuk dilalui karena banyak ditumbuhi tanaman liar dan semak belukar. Air terjun yang memilik tinnggi kurang lebih 12 meter ini kini terbengkalai dan dibiarkan begitu saja tanpa ada yang mau merawat. Padahal, Curug Ngebul sangat berpotensi untuk dijadikan objek wisata alam.

Untuk menuju air terjun Ngebul ini kira-kira memerlukan waktu satu jam setengah dengan menggunakan kendaraan umum dari terminal Ciawitali Garut. Atau dari Pameungpeuk, dan satu jam dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Dari jalan raya Cikajang setelah melewati Tebing Patapaan dan sekolah dasar belok kiri masuk jalan kecil menuju Kampung Citilu. Bisa juga berjalan kaki dengan emnyusuri jarak tempuh satu kilometer dengan melewati hutan pinus.

Setelah tiba di Kampung Citilu sobat tinggal langsung saja minta di antar kepada warga Kampung Citilu. Tidak harus membeli tiket masuk cuma membayar uang seikhlasnya kepada orang yang mengantar. (ER)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI

Komentar

BAGIKAN