Catatan Panwaslu Garut Selama Pilkada Harus Diperbaiki di Pilpres dan Pileg

GARUT, (GE).-  Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Garut berjalan sukses tanpa ekses. Namun Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Garut memberikan catatan penting selama penyelenggaraan Pilkada untuk dijadikan bahan berlangsungnya Pemilihan Presiden (Pilpres), Pemilihan Legislatif (Pileg) dan pemilihan anggota Badan Perwakilan Daerah (BPD).
Menurut Ketua Panwaslu Garut, Asep Burhan, setiap tahapan Pilkada Garut bisa dilalui dengan sukses sesuai dengan aturan yang berlaku. Tentunya sukses penyelenggaraan Pilkada ini tak lepas dari peran semua pihak.” Kami sebagai penyelenggara tentunya sangat berterimakasih kepada semua pihak yang turut serta menyukseskan Pilkada. Pemerintah, keamanan dan masyarakat semuanya memiliki peran penting dalam terciptanya sukses Pilkada Garut ini,” kata Asep ditemui saat Rapat koordinasi stakeholders Pilkada 2018 di Aula Hotel Banyu Alam Cipanas Garut, Kamis (26/7/18).
Menurut Asep, ada beberapa catatan penting selama perhelatan Pilkada Garut yang harus diperbaiki ke depannya. Apalagi dalam pemilihan presiden, pemilihan legislatif dan DPD tingkat kerumitannya lebih tinggi.
Dalam catatan Panwaslu Garut, kata dia, KPU dan Disdukcapil harus bekerja keras melakukan pemutakhiran Data Pemilih Tetap (DPT). Menurutnya, perbaikan DPT harus dilakukan agar warga yang seharusnya bisa memilih tidak kehilangan hak suaranya.
“Kemarin masih ada warga yang tercecer tak masuk dalam DPT. Ini harus diperbaiki lagi,” ungkapnya.
Selain itu, pendistribusian logistik harus dievaluasi secara komprehensif. Saat Pilkada tempo hari, kata Asep, KPU sedikit kewalahan dalam proses pendistribusian. Jangan sampai peristiwa yang sama terjadi di Pemilu yang akan datang.
“Nanti kan logistiknya tiga kali lipat lebih banyak. Jangan sampai pendistribusian logistik terhambat. Sehingga merusak semua rabgkaian kegiatan,” harapnya. (Farhan SN)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI