Catatan Kecil Sany Rahmah Padilah, Strategi dalam Pemberdayaan Masyarakat

Sany Rahmah Padilah.

PEMBERDAYAAN masyarakat menjadi hal paling penting dalam mengembangkan desa untuk lebih maju. Selain sebagai salah satu elemen penting dalam implementasi UU desa, pemberdayaan masyarakat merupakan modal utama dalam membangun dan menggerakkan desa.

Menyadari akan hal itu, Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP) Kecamatan Selaawi, Kabupaten Garut, Sany Rahmah Padilah menyampaikan beberapa strategi dalam pemberdayaan masyarakat. Menurutnya, menjadi seorang pendamping desa adalah seni.

“Seni menuju kemajuan dan kemandirian desa sesuai cita-cita lahirnya UU Desa yaitu, menjadikan desa maju, kuat, mandiri dan demokratis,” paparnya saat dihubungi, (Ahad, 4/02/18).


Pelatih Pendamping Loal Desa (PLD) tahun 2017 ini menambahkan,ketika membahas tentang pemberdayaan, pertama kali yang harus dirubah adalah MANUSIAnya.

“Bagaimana kita merubah mindset warga desa supaya dapat sepenuhnya ikut andil dalam pembangunan desa mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga pertanggungjawaban,” tuturnya.

Mahasiswi Pasca Sarjana Fakultas Manajemen Pendidikan di PPS Uninus Bandung yang cantik ini lebih jauh menjelaskan, disinilah yang cukup sulit dalam mendampingi desa (pemimpin dan masyarakatnya) bagaimana agar dapat membangun dirinya sendiri atau yang lebih populer disebut “Desa Membangun”.

“Dengan demikian, dirinya bersama rekan-rekan pendamping desa lainnya yakni, Dudi Wahyudi (PDT/I), Asep Kurniawan (PLD) dan Abdul Azis (PLD) berupaya terus untuk dapat bekerjasama dan bersinergi dengan pihak lain termasuk dengan TIM KORMONEV (Koordinasi, Monitoring dan Evaluasi) dalam mewujudkan kemandirian desa,” pungkasnya. (Sy)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI