“Cascara,” Sensasi Aroma Kopi Garut yang Tercium ke Mancanegara

GARUT, (GE).- Para penikmat kopi di mancabegara kini mulai mencium aroma kopi asal Kabupaten Garut. Bahkan, belum lama ini sejumlah pengusaha dari beberapa negara sahabat sengaja datang ke Garut untuk sekedar menyaksikan langsung bagaimana proses peracikan kopi Garut.

Selain kopi, kini pengusaha kopi di Garut mulai mengembangkan jenis meniman teh yang dinamakan cascara tea. Cascara merupakan teh yang berasal dari kulit ceri kopi. Berbeda dengan teh biasa, casara memiliki cita rasa yang unik karena berbahan baku kopi. Keunikannya, casara tea meski berbahan kopi rasanya malah tak seperti kopi. Saat diminum, cascara, asanya seperti teh namun ada sensasi rasa manis- asam khas kopi.

” Ya, Cascara ini kita ketahui dari orang luar sekitar akhir tahun 2014. Ternyata dari kulit kopi ini bisa dimanfaatkan dan mempunyai nilai jual,” ujar Hari Yuniardi, pemilik Kedai Mahkota Coffee  di kawsan Jalan Raya Bayongbong, Senin (17/7).


Menurutnya, Cascara sangat bermanfaat juga untuk kesehatan tubuh. Dalam kandungan Casara ini ada  antioksidannya yang melebihi dari bawang putih. Tak heran, banyak penikmat kopi mancanegra menyukai cascara dari Garut.

” Cascara ada dua jenis yang bisa diolah. Pertama dari hasil pengupasan mesin pengupas buah, kedua, hasil dari pengupasan buah kopi lalu diolah secara natural atau dijemur alami,” jelasnya.

Dikatakannya, olahan secara natural, lebih disukai karena rasanya yang lebih lembut. Hanya saja prosesnya bisa memakan waktu hingga satu bulan. “Bisa sampai satu bulan untuk dijemur. Tergantung cuaca juga prosesnya,” tukasnya.

Sementara itu, produkai cascara, sayangnya masih terbatas. Dalam rentang enam bulan Casara hanya bisa memproduksi sekitar dua ton saja. faktor cuaca juga bisa menjadi penentu kualitas Cascara.

“Banyak yang gagal juga karena masalah cuaca. Kalau keburu busuk enggak bisa dipakai, harus diganti lagi dan diproses dari awal,” kata Hari yang mengaku sudah memulai usaha kopi sejak tahun 2010.

Untuk pangsa pasarnya, Cascara dari Garut ini  mulai merambah pasar luar negeri. Diantaranya, Hongkong, Singapura, dan Amerika menjadi konsumen setia  Cascara. Bahkan Cascara asal Garut sudah terbukti dites di Amerika dan memiliki kualitas terbaik.

“Untuk lokal memang masih banyak yang belum mengetahui. Tapi di sejumlah kafe di Garut sudah dipasarkan biar orang tahu ini adalah produk Garut,” katanya.

Sementara itu, untuk harga jualnya, Cascara di pasar lokal dibanderol pada kisaran Rp 40 ribu per kilogram. Namun di luar pasar mancanegara hareganya  $ 70 per kilo granmnya, jika dikonversikan ke rupiah sekitar Rp 910000 per kilo gramnya.  (Tim GE)***

Editor: Kang Cep.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI