Bupati Wajibkan Guru di Garut Memiliki Tiga Kriteria Berikut Ini

rudi gunawan membuka kegiatan workshop

TARKAL, (GE).- Bupati Garut Rudy Gunawan membuka resmi workshop Peningkatan Mutu Pendidikan Daerah di Hotel Augusta Cipanas, Kamis (28/04/16). Workshop yang diselenggarakan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) diikuti ratusan peserta terdiri dari para guru sekolah dasar dari wilayah Kabupaten Garut.

Bupati menyampaikan,minimal ada tiga point penting yang harus dimiliki setiap guru agar output proses pendidikan dapat dikatakan berhasil. Pertama, Bupati menuturkan, seorang guru harus memiliki komitmen melakukan perubahan dilingkungan dimana dia melakukan trasnformasi ilmu kepada peserta didik.

Suasana lingkungan pendidikan yang berbeda dan beragam menentukan terhadap keberhasilan upaya pendidikan. Disekolah yang suasananya menyenangkan dan membuat anak didik merasa nyaman setidaknya akan berpengaruh terhadap motivasi anak untuk menerima hasil dari proses pembelajaran. Dan guru, selaku pelaku utama dalam mentransformasikan ilmu itu haruslah mampu memberikan suasanan kenyamanan tersebut, ujar Bupati Rudy.

Kedua, menurutnya, seorang guru harus memiliki kepekaan terhadap anak didik. Keberhasilan peserta didik diantaranya ditentukan oleh latar belakang dan kemampuannya secara individu dan keluarganya. Untuk itu agar dalam perjalanannya  proses pendidikan tidak mengalami hambatan, seorang pendidik harus memahami situasi setiap peserta didik. Bisa saja seorang peserta didik mengalami kekurangan baik itu dari sisi kemampuan intelektual, emosional maupun material. Disitulah kepekaan seorang pendidik menentukan mampu tidaknya mengubah hasil dari proses pendidikan.

Point ketiga, tutur Rudy Gunawan, seorang guru harus memiliki kompetensi. Tanpa memiliki kemampuan, mana mungkin seorang gura mampu mengubah lingkungannya menjadi lebih baik. Perubahan akan ditentukan oleh kemampuanya mempengaruhi lingkungan.  (Farhan Aolia)***